Sayuran yang Harus Dijauhi Penderita Kolesterol

Kolesterol adalah zat fundamental berwujud lilin yang serupa lemak dan benar-benar diperlukan badan dengan jumlah yang akurat. Kolesterol berperanan penting supaya beberapa sel badan dapat berperan secara baik.

Mengarah dari National Heart, Lung, and Blood Institute, berdasarkan lipoprotein yang membawa, Kolesterol sendiri terdiri jadi dua yakni LDL atau low densitas lipoprotein dan HDL atau high densitas lipoprotein.

LDL dikenali sebagai Kolesterol jahat, sementara HDL ialah Kolesterol baik. Tingginya kandungan LDL pada darah ini yang dikenali dengan panggilan hiperkolesterol atau dislipidemia. Keadaan ini yang dirasakan pasien Kolesterol. Dua zat yang terkandung pada makanan yang perlu dijauhi pasien Kolesterol ialah lemak jemu dan lemak trans.

Konsumsi ke-2 nya terlalu banyak bisa tingkatkan kandungan LDL pada darah yang berbuntut tingkatkan risiko penyakit stroke dan jantung. Baik lemak jemu atau lemak trans, ke-2 nya meupakan type lemak yang dapat diperoleh badan dari konsumsi gizi baik hewani atau nabati.

Perbedaan lemak jemu dan lemak trans ialah bila lemak trans tingkatkan LDL dan turunkan HDL, kebalikannya lemak jemu tingkatkan kandungan ke-2 nya baik LDL dan HDL. Berikut sayur yang perlu dijauhi pasien Kolesterol karena memiliki kandungan lemak jemu dan atau lemak trans dalam kandungan tinggi.

1. Edamame

Merujuk dari situs penghitung kalori makanan populer, Fat Secret, edamame yang terhitung kelompok kacang polong mempunyai kandungan lemak lumayan tinggi dibandingkan sayur lain. Untuk edamame yang dikukus, ada sekitar 0.29 gr lemak jemu dalam 1/2 cup. Dan untuk edamame rebus tanpa atau dengan garam, kandungan lemak jemunya bertambah sampai 1.2 gr.

Dalam ukuran yang sama, edamame panggang yang diberi bumbu garam memiliki kandungan 3.16 gr lemak jemu, sementara untuk edamame panggang kering diketemukan kandungan lemak jemu sekitar 2.69 gr. Dari beberapa data di atas, memperlihatkan kandungan lemak jemu pada edamame tergantung ke langkah memproses dan menyuguhkannya.

BACA JUGA  Benarkah Telur Mengakibatkan Kolesterol? Ini Faktanya!

2. Jagung

Sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks, jagung baik sekali dimakan karena memiliki kandungan serat yang dapat membuat Anda kenyang semakin lama. Sama seperti dengan edamame, langkah pemrosesan jagung benar-benar punya pengaruh pada kandungan yang dipunyainya. Banyak orang sukai konsumsi jagung dengan dibakar plus tambahan mentega atau dipanggang dalam temperatur tinggi seperti popcorn.

Jagung bakar dengan mentega memiliki kandungan lemak jemu sekitar 1.64 gr persajian. Bila Anda fans pop corn paket, bukti ini benar-benar berguna jika menurut sebuah riset toxicology oleh Asian Food Scientist pada tahun 2015, umumnya produk makanan yang tersebar di pasar dapat memiliki kandungan sampai 14 gr lemak trans persajian. Salah satunya produk makanan yang disorot ialah popcorn.

3. Kentang

Tipe sayuran satu ini benar-benar gampang diproses baik direbus dalam sup, dikukus dan jadi kentang tumbuk atau dipanggang. Mayoritas orang menyenangi kentang yang diproses dengan dimasak dalam minyak panas dan banyak.

Riset oleh beberapa periset Korea mengemukakan, makanan yang dimasak dalam temperatur tinggi seperti kentang goreng tidak bagus untuk kesehatan karena akan tingkatkan kandungan lemak yang berbuntut bertambahnya Kolesterol jahat pada darah atau LDL. Sementara sebuah study lain di Turki mengatakan, kandungan lemak trans ini akan makin tinggi bila minyak untuk menggoreng dipakai berkali-kali.

4. Kembang Kol

Sayur elok yang mengandung serat dan protein dalam kandungan yang tinggi ini terhitung sayur yang berkadar lemak jemu yang tinggi juga. Pada sebuah bonggol kembang kol yang sama dengan 840 gr memiliki kandungan sekitaran 1.1 gr lemak jemu dari keseluruhan 2.4 gr lemak yang dipunyainya. Bila Anda menderita hiperkolesterol dan benar-benar ingin konsumsi kembang kol, yakinkan mengolahnya dengan direbus atau kukus dan makan dalam jatah terarah. Pemrosesan kembang kol yang dimasak dalam minyak pasti benar-benar tidak direferensikan.

BACA JUGA  3 Minuman Penurun Kolesterol yang Fresh dan Menyehatkan!

5. Bayam

Sayuran hijau yang kaya yang mengandung zat besi dan berkadar protein yang bagus ini masuk ke barisan sayur dengan lemak jemu tinggi seperti kembang kol. Sebuah situs gizi namanya Prospre menyampaikan pada sebuah hidangan bayam paket yang sama dengan 219 gr, dapat kita peroleh kandungan lemak jemu sekitar 1.9 gr. Disamping itu Kolesterol dalam hidangan ini capai 7 mg. Pengolahan yang lebih rendah minyak dan datang dari bayam fresh seperti direbus atau dikukus membuat kandungan lemak dalam bayam dapat semakin rendah.

6. Sayuran tumisan

Bagi Anda yang menyukai tumisan, bukti ini kemungkinan mengagetkan. Pemakaian minyak dalam tumisan yang dapat kita jumpai di restaurant atau rumah makan cepat sajian umumnya dengan jumlah banyak dengan beragam argumen, satu diantaranya menyedapkan rasa. Bila Anda pasien kolesterol dan inginkan derajat kesehatan lebih bagus, tumisan dengan minyak banyak seharusnya dijauhi karena mempunyai potensi tingkatkan kandungan Kolesterol dalam darah.

Komentar