5 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Jarang-jarang Diakui dan Pencegahannya

Penyebab Kolesterol tinggi harus jadi perhatian. Kadar Kolesterol yang terlampau tinggi bisa menimbun di pembuluh darah dan mengusik saluran darah.

Meski penting untuk badan, Kolesterol dalam kandungan terlampau tinggi bisa mempengaruhi kesehatan. Kolesterol sebagai zat yang dibuat dengan alami oleh organ hati, tapi dapat diketemukan di makanan yang dari hewan, seperti daging dan susu.

Oleh karenanya, sebaiknya ketahui pemicu Kolesterol tinggi dan langkah menghindarinya. Diringkas dari beragam sumber, berikut pemicu Kolesterol tinggi yang jarang diakui dan langkah penangkalannya:

Mengonsumsi Makanan yang Tidak Sehat

Salah satu pemicu Kolesterol tinggi yakni konsumsi makanan yang kurang sehat. Konsumsi makanan yang kaya lemak jemu dan lemak trans jadi pemicu tingginya kandungan Kolesterol pada darah.

Dilansir dari Halodoc, konsumsi makanan yang tinggi Kolesterol yakni makanan hewani seperti dalaman (otak, hati, ginjal, babat), lemak dari daging, daging merah dan kuning telur sebagai pemicu khusus Kolesterol tinggi

Disamping itu, lemak jemu terkandung dalam daging, susu full krim, biskuit, keripik paket, kue kering, dan popcorn dapat tingkatkan kandungan Kolesterol jahat.

Kelebihan Berat Badan

Seorang yang mempunyai berat badan berlebihan lebih beresiko tingkatkan kandungan LDL pada tubuh. Oleh karenanya, seorang yang mempunyai berat tubuh berlebihan dianjurkan untuk turunkan berat tubuhnya. Ini karena jika berat tubuh turun, maka turunkan LDL dan tingkatkan kadar Kolesterol HDL.

Apabila kamu tidak ingin alami kandungan Kolesterol tinggi, seharusnya menjaga berat tubuh bagus. Ini menjadi satu diantara cara supaya kandungan Kolesterol baik “HDL” dan kandungan Kolesterol jahat “LDL” pada tubuh bisa konstan.

Depresi

Dilansir dari Halodoc, depresi dijumpai sebagai salah satunya pemicu Kolesterol tinggi. Depresi bisa tingkatkan kandungan Kolesterol darah dalam periode panjang.

BACA JUGA  7 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Tanda-tandanya Kerap Tidak Diakui

Ini karena, seorang yang sedang alami depresi, umumnya akan konsumsi makanan banyak makanan banyak mengandung lemak untuk melipur diri. Walau sebenarnya hal itu bisa membuat kandungan Kolesterol pada darah naik.

Kebiasaan Merokok

Dilansir dari Hellosehat, merokok menjadi satu diantara pemicu kandungan Kolesterol pada darah tinggi. Ini karena rokok memiliki kandungan zat acrolein.

Zat itu bisa memengaruhi kandungan Kolesterol jahat “LDL” pada tubuh dengan merintangi kerja enzim yang bertanggungjawab jaga kandungan LDL supaya masih tetap pada batasan normal. Hal itu bisa menyebabkan penimbunan Kolesterol jahat pada tubuh.

Kurang Olahraga

Kurang berolahraga menjadi satu diantara pemicu Kolesterol tinggi. Ini karena jika seorang tidak pernah olahraga atau aktivitas fisik, maka dapat tingkatkan Kolesterol jahat “LDL” dan turunkan Kolesterol baik “HDL”.

Rutinitas menghabiskan waktu untuk duduk beberapa jam di muka netbook menjadi pemicu tingginya kandungan Kolesterol pada darah. Oleh karenanya, rajinlah olahraga agar turunkan kandungan Kolesterol pada darah.

Langkah Mencegah Kolesterol Tinggi

Kunci khusus dari menahan kolesterol yakni kurangi mengonsumsi makanan yang tinggi Kolesterol dan lemak jemu. Disamping itu kerjakan gaya hidup sehat.

Dikutip dari Halodoc, berikut cara-cara untuk mencegah Kolesterol tinggi.

1. Stop merokok

2. Rajin Olahraga

3. Turunkan konsumsi lemak jemu

4. Jaga berat tubuh supaya masih tetap ideal

Komentar