Harga BBM Naik Lagi? Yuk, Beralih ke Mobil Listrik

Mobil listrik (electric car) adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kenaikan harga BBM, yang terjadi tepat pada Hari Sabtu 3 September 2022. Kenaikan harga tersebut serentak diberlakukan 1 jam setelah pengumuman kenaikan BBM penugasan, nonsubsidi maupun subsidi.

Hal ini pastinya akan meningkatkan biaya transportasi umum maupun pribadi, terutama kendaraan dengan bahan bakar terdampak inflasi. Tak heran, kini penggunaan electric car patut dipertimbangkan oleh banyak orang. Pasalnya, selain tidak menggunakan BBM, electric car memiliki banyak kelebihan lainnya.

Alasan Kamu Harus Beralih ke Mobil Listrik

Mobil adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia, tak heran kenaikan harga BBM sangat berdampak pada pengguna kendaraan ini. Namun, hadirnya mobil listrik membawa perubahan baru dengan beragam keunggulan yang dimilikinya. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus beralih menggunakan kendaraan ini.

1. Tidak Menggunakan Bahan Bakar Fosil

Seperti yang kamu tahu, bahwa BBM didapatkan dari pengolahan fosil atau sumber daya alam lainnya. Selain inflasi BBM yang terjadi belakangan ini, pengambilan BBM juga berbahaya karena mengikis bagian dalam bumi. SDA yang  terbatas pastinya juga akan mengancam bumi yang sudah tua ini.

Namun, dengan menggunakan electric car, kamu hanya perlu melakukan recharging hingga mobil siap kamu kendarai, apalagi daya tampung listrik dari mobil ini terbilang cukup besar, bahkan mencapai 112,5 km untuk satu kali pengisian baterai. 

Selain itu, stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan charging station sudah tersebar lebih dari 267 titik. Jadi, kamu tidak perlu takut kehabisan daya listrik di tengah perjalanan lagi!

2. Mobil Listrik Lebih Ramah Lingkungan

Selain membantu menjaga bumi dengan pengurangan penggunaan BBM, mobil ini juga terkenal lebih ramah lingkungan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena kendaraan ini sama sekali tidak menghasilkan emisi (gas buang) yang dapat berbahaya jika terakumulasi dalam tubuh.

BACA JUGA  Wuling Air ev, Mobil Listrik Murah dengan Dukungan Fitur Canggih

Jadi, makin banyak pengguna electric car, pastinya juga akan membuat lingkungan perkotaan lebih terkondisikan dari polusi udara. Menarik, bukan?

3. Suara Mesin Tidak Bising Seperti Mobil BBM

Walaupun mobil dengan bahan bakar bensin dan sejenisnya mengeklaim memiliki suara yang halus, kebisingan dari mesin pastinya akan tetap terasa. Berbeda dengan mekanisme dari electric car yang memungkinkan mobil melaju tanpa bising,

Suara bising mobil tentu akan membuat pengendara dan orang sekitar terganggu. Hal ini bahkan termasuk polusi suara. Sebab itu, mobil listrik yang notabene memiliki mekanisme mesin minim getaran sudah pasti mampu meminimalkan tingkat kebisingan dibandingkan mobil konvensional.

4. Menghemat Pengeluaran untuk Maintenance

Jika kamu memiliki mobil konvensional, pastinya kamu akan terbebani pada berbagai biaya perawatan yang harus rutin dilakukan. Itu karena sistem pembakaran dan pembuangan pada mobil bertenaga BBM yang lama-kelamaan akan memengaruhi performa mobil. 

Sementara itu, electric car tidak memiliki sistem tersebut sehingga kendaraan tergolong lebih awet. Misalnya saja, jika kamu membeli produk electric car dari Hyundai seperti Hyundai Ioniq maupun Hyundai Kona. Produk mobil ini dinilai lebih awet dan tidak mudah rusak lantaran bertenaga listrik.

5. Harga Lebih Bersahabat

Keunggulan terakhir pastinya masalah harga jual. Jika kamu bandingkan dengan mobil konvensional, harga kendaraan ini jauh lebih bersahabat. Bahkan, jika kamu bandingkan dengan biaya perawatan dan penggunaan bahan bakar, pastinya electric car jauh lebih hemat budget.

Contohnya, mobil listrik Hyundai yang bisa kamu bawa pulang dengan kisaran harga mulai Rp 682.000.000,- saja. Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan mobil berkualitas dengan akselerasi super kencang dan daya tahan yang kuat. Ditambah lagi dengan penanaman teknologi DC Fast Charging yang bisa terisi hingga 80% dalam waktu kurang 1 jam membuat mobil ini makin jauh terdepan. Tak heran mobil ini menjadi salah satu kompetitor terbaik untuk produk mobil dalam kelas yang sama.

BACA JUGA  Presiden Groundbreaking Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Indonesia

Harga BBM diprediksi akan terus naik kedepannya karena keterbatasan dan kelangkaannya. Maka dari itu, ada baiknya kamu pertimbangkan untuk segera beralih menggunakan mobil listrik. Selain aman di kantong, pastinya juga aman untuk bumi kita!

Komentar