Daftar Mobil Listrik Murah yang Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Pemanfaatan mobil listrik kedepan dipastikan meningkat signifikan Ini sekaligus mendukung targetnet zero emisi di tahun 2060 mendatang.

Beberapa pabrikan yang telah jual mobil listrik di Indonesia ialah Hyundai dan Wuling, dan Nissan. Bahkan juga pemain baru dari China, Morris Garage, juga mengeluarkan mobil listrik mereka.

Nah, berikut beberapa mobil listrik yang telah melaju di Indonesia dari yang murah sampai yang mahal dirangkum Media ini dari berbagai sumber:

1. Wuling Air ev

Wuling Motors mengeluarkan mobil listrik memiliki ukuran kompak namanya Wuling Air ev. Mobil ini mempunyai Tingkat Elemen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 % dan sekarang ini produksinya dengan status Completely Knock Down (CKD).

Mobil yang dibuat di pabrik Wuling di kawasan Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, ini datang dalam dua variasi, yaitu variasi Standar yang dibandrol Rp238 juta dan varian Long Kisaran yang dibandrol Rp295 juta.

Harga itu jadikan Wuling Air ev sebagai mobil listrik paling murah di Indonesia.

2. Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-Power sebagai mode pertama dengan fitur berkendaraan mobil listrik tanpa perlu pengisi daya eksternal karena mekanisme e-POWER membuat roda-roda seutuhnya digerakkan motor listrik, sementara mesin bensin cuma dipakai untuk men-charge battery dan menyalurkan listrik untuk motor.

Mobil ini menggunakan One-Pedal Operation yang memberi kepraktisan untuk pengemudi karena tak perlu mengalihkan kaki dari pedal gas ke pedal rem, karena fungsi akselerasi dan deselerasi telah dipadukan pada sebuah pedal.

All New Nissan Kicks e-Power diperlengkapi feature keamanan baru diantaranya Intelligent Emergensi Braking, Intelligent Cruise Kontrol, Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Objek Detection, Rear Cross Trafik Alert, Intelligent Trace Kontrol dan Hill Start Assist.

BACA JUGA  Sebelum Beli Mobil Listrik, Baca Dulu 4 Fakta Berikut

Nissan Kicks e-Power dipasarkan pada harga Rp471 juta dengan status on the road Jakarta.

3. Hyundai Ioniq EV

Hyundai mengenalkan mobil listrik Ioniq EV di awal 2021. Mobil ramah lingkungan ini datang dengan design yang paling modern. Hyundai memperlengkapi Ioniq EV dengan battery 38,3 kWh yang bisa tempuh jarak sampai 373 km.

Hyundai mengklaim mobil ini sanggup isi mulai dari 0 sampai 80 persen cukup dengan kurang dari 1 jam, persisnya 54 menit. Mobil ini dibandrol Rp649 juta.

4. Hyundai Kona Electric

Selainnya Ioniq EV, Hyundai mengeluarkan satu mobil listrik yang lain dinamakan Kona Electric. Bila Ioniq EV berbentuk sedan, karena itu Kona ialah sebuah SUV. Hingga kelihatan lebih jantan dan gagah.

SUV solid ini diberi battery memiliki 39,2 kWh yang dapat dipakai untuk tempuh jarak sampai 305 km. Mobil ini dibandrol pada harga Rp697 juta.

5. The All New Nissan Leaf

Selainnya Hyundai, Nissan cukup agresif di pasar mobil listrik tanah air. Pabrikan asal Jepang ini mengeluarkan The All New Nissan Leaf pada 2021. Mobil listrik ini diberi battery lithium-ion 40 kWh yang memungkinkannya The All-New Nissan LEAF bisa tempuh jarak sepanjang 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil tes New European Driving Cycle (NEDC).

The All New Nissan Leaf ini mampu lari dari 0-100 km/jam cuma dalam 7,9 detik dengan kecepatan optimal 155 km/jam. Cukup lincah, ya! Mobil ini diklaim mempunyai tenaga maksimal sampai 110 kW atau sama dengan 150 PS dan torsi maksimal 320 Nm.

The All-New Nissan Leaf dijajakan pada harga Rp649 Juta untuk pilihan one tone dan Rp651 Juta untuk pilihan dual tone semua harga telah dalam kelompok on the road Jakarta.

BACA JUGA  8 Komponen Penting Mobil Listrik dan Fungsinya dalam Berkendara, Paling Kerap Dicari

6. DFSK Gelora E

Pabrikan asal China, DFSK, tidak ingin kalah di pasar mobil listrik tanah air. Mereka mengeluarkan minivan berpenggerak listrik, DFSK Gelora E, yang dapat tempuh jarak sampai 300 km dengan sekali pengisian daya.

Mobil van ini memiliki ukuran 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT), cukup lega lega untuk berisi pengaturan 7 tempat duduk penumpang. Mode blind van mempunyai kabin yang lebih panjang, capai 2,63m dengan luas 4,8 meter kubik hingga pas untuk usaha kargo dan logistik.

Mobil ini dibandrol pada harga Rp510 juta-Rp520 juta untuk model minivan dan Rp480 juta-Rp490 juta untuk model blind van.

7. MG 5 EV

MG Motor Indonesia mengeluarkan mobil listrik MG 5 EV di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Mobil ini di-claim sanggup tempuh sampai 380 km dengan keadaan daya battery penuh sebesar 50,3 kWh yang sudah terbukti dan bersertifikasi IP67 tahan terhadap air dan debu.

MG 5 EV tampil secara estetik dengan lampu belakang LED memiliki desain electric pulse dan lampu depan proyektor dengan LED Daytime Running Lights. Disamping itu, kemampuan bagasinya sanggup berisi sampai 1.456 liter.

8. Hyundai Ioniq 5

Mobil listrik terkini yang dapat kamu pikirkan ialah Hyundai Ioniq 5. Mobil full elecrtic ini dibandrol Rp 718 – 829 juta on the road Jakarta. Seperti beberapa mobil listrik lain, Ioniq 5 datang dengan design yang paling modern. Keunggulan lain Ioniq 5 ialah beberapa fiturnya yang paling banyak.

Komentar