oleh

Alimuddin Paada: Guru Tua Layak Jadi Pahlawan

PALU – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Ir. Alimuddin Paada, MS menghadiri pembukaan Haul Guru Tua Raodhah Festival, yang dilaksanakan di jalan sis Al-Jufri, Rabu (11/5/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota komisi IV lainnya Hidayat Pakamundi, Anggota Komisi I DPRD Sulteng yang sekaligus Sekjen PB Alkhairaat Ridwan Yalidjama, Ketua Umum Alkhairaat, perwakilan Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif, anggota DPR RI dapil Sulteng, Pj Sekda Prov, Wakil Wali Kota, beserta Forkopimda.

Dalam kesempatan itu Alimudiin Paada menyampaikan bahwa Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua), adalah ulama besar yang menghibahkan dan menghabiskan waktu hidupnya untuk kepentingan masa depan bangsa dan negara di bidang pendidikan dan dakwah Islam.

Menurutnya jika kita mencermati perjalanan dari perjuangan dan karya-karya Sayid Idrus bin Salim Aldjufri dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak bangsa melalui pendidikan dan dakwah.

Disituasi penjajahan belanda dan jepang, Guru Tua mampu bertahan dari segala tantangan yang dihadapinya saat itu, dengan kurangnya fasilitas
ia mampu mendirikan lembaga pendidikan yang sampai hari ini berkembang.

Alkhairaat yang didirikannya pada tanggal 11 Juni 1930 di Palu mampu berkembang di berbagai daerah, diantaranya Provinsi Gorontalo dan Maluku hingga kalimantan.

Olehnya menurut Politisi Gerindra itu bahwa Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) sudah sangat layak jadi Pahlawan karena mengigat jasa jasanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Pahlawan Nasional itu bukan hanya yang mengangkat senjata akan tetapi juga yang berjuang memberdayakan masyarakat dalam bidang lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat luas termasuk pendidikan dan dakwah,” jelasnya.

Komentar

Masih Hangat