Jenis Kolesterol dalam Tubuh dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

Kadar kolesterol tinggi memang sering jadi pemicu beragam masalah di badan, seperti penyakit jantung sampai tekanan darah tinggi. Hingga, tidaklah aneh bila banyak orang menganggap kolesterol hanya elemen jahat yang menghancurkan badan.

Padahal, pada realitaya, dengan jumlah normal elemen ini diperlukan oleh badan untuk jalankan beragam perannya. Penyakit baru ada, saat kandungannya di badan berlebihan.

Apa itu kolesterol?

Kolesterol ialah elemen yang stabilitasnya seperti lemak atau lilin dan dapat diketemukan di semua sel di badan. Dengan jumlah yang cukup, elemen ini diperlukan oleh badan untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan zat zat yang lain dipakai untuk mengolah makanan.

Tubuh kita dengan alami telah memproduksi kolesterol sendirinya. Hingga, tambahan kolesterol dari makanan sebetulnya tidak diperlukan. Apalagi, makanan tinggi kolesterol umumnya kaya lemak jemu dan dapat tingkatkan resiko timbulnya beragam penyakit beresiko, terhitung penyakit serangan jantung.

Jenis-jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh

Kolesterol tidak selamanya memberi dampak jelek untuk badan. Karena, elemen ini juga dipisah jadi beberapa macam. Karena pembagian berikut selanjutnya ada istilah kolesterol jahat dan kolesterol baik. Lebih komplet, berikut beberapa jenis kolesterol yang berada di tubuh kita.

1. Low Density Lipoprotein (LDL)

LDL ialah tipe kolesterol yang sejauh ini kita mengenal, yakni kolesterol jahat. LDL sebagai kolesterol yang dapat menimbun di pembuluh darah, mengakibatkan persempitan pembuluh darah. Ini mengakibatkan saluran darah dari atau ke jantung jadi terusik dan tingkatkan resiko gempuran jantung serta stroke.

2. High Density Lipoprotein (HDL)

HDL inilah yang kerap dikatakan sebagai kolesterol baik. Hingga, walau terhitung tipe kolesterol, makin tinggi kandungan HDL di badan maka semakin baik.

BACA JUGA  Benarkah Telur Mengakibatkan Kolesterol? Ini Faktanya!

HDL berperan untuk membawa LDL menjauhi dari pembuluh darah dan kembali lagi ke hati. Di hati, LDL akan diperpecah dan dikeluarkan dari pada tubuh. Walau demikian, HDL tidak seutuhnya hilangkan LDL. Cuma sepertiga atau sepertempat kolesterol jahat yang hendak dibawa oleh HDL.

Jika kadar kolesterol baik di badan kita memenuhi, karena itu kita dapat semakin terlindung dari penyakit stroke dan jantung. Dalam pada itu, bila kadarnya rendah, karena itu resiko penyakit jantung akan bertambah.

3. Trigliserida

Trigliserida adalah tipe lemak paling yang umum di badan. Trigliserida akan simpan kelebihan energi yang didapatkan dari makanan jadi lemak di tubuh.

Tingginya kadar trigliserida, ditambah lagi LDL yang tinggi dan HDL yang rendah, akan membuat pembuluh darah sarat dengan lemak. Hingga, resiko penyakit stroke dan jantung juga meningkatkan.

Berapa kandungan kolesterol yang normal?

Untuk hitung kadar kolesterol pada darah, Anda bisa berkunjung ke laboratorium atau rumah sakit paling dekat. Baik atau jeleknya kandungan kolesterol pada tubuh Anda, akan disaksikan dari keseluruhan kolesterol, yakni jumlah dari LDL, HDL, dan trigliserida.

Rumus hitung total kolesterol ialah jumlah LDL + jumlah HDL + 1/5 jumlah trigliserida . Maka, bila hasil dari pengecekan terdaftar kandungan LDL = 100, HDL = 50, dan trigliserida = 100, karena itu keseluruhan kolesterolnya ialah

100 (LDL) + 50 (HDL) +100/5 (Trigliserida) = 170

Jumlah ini masih dianggap baik. Karena, kandungan kolesterol yang disarankan memang di bawah 200. kolesterol keseluruhan dapat semakin dari 200 dan tidak berisiko untuk kesehatan, jika nilai HDL-nya semakin tinggi bila dibanding dengan LDL dan trigliserida.

Batas kandungan HDL yang disarankan untuk wanita ialah minimal ada di angka 55 dan untuk pria minimal 45. Dalam pada itu untuk LDL, kandungan yang disarankan ialah di bawah 130. Paling akhir, untuk trigliserida, kandungan yang direferensikan ialah di bawah 150.

BACA JUGA  Penyebab Kolesterol dan Gejalanya

Tips untuk jaga kandungan kolesterol di badan

Ada beberapa cara yang dapat Anda kerjakan untuk menahan kandungan kolesterol tinggi, yakni dengan:

• Memilih makanan sehat

Jauhi makanan yang memiliki kandungan lemak jemu dan memperbanyak mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jemu. Mengonsumsi makanan dengan beberapa kolesterol bisa mengakibatkan berat tubuh berlebihan. Anda pun dianjurkan agar semakin kerap konsumsi makanan memiliki serat.

Makanan yang bagus untuk jaga kandungan kolesterol supaya masih tetap ada di bentang normal salah satunya buah-buahan, sayur, dan gandum utuh. Anda dapat mengonsumsi susu rendah lemak atau yogurt untuk penuhi keperluan gizi.

• Berolahraga secara teratur

Berolahraga dengan teratur, dapat tingkatkan jumlah HDL dan turunkan jumlah LDL pada darah. Mulai lakukan olahraga enteng, seperti jalan kaki sepanjang 30 menit setiap hari.

• Tidak merokok

Merokok adalah pemicu LDL jadi lebih gampang menempel di beberapa sel pembuluh darah dan mengakibatkan kerusakan. Hingga untuk jaga tingkat kolesterol di badan seharusnya stop rutinitas ini selekasnya mungkin. Anda pun seharusnya batasi konsumsi alkohol, supaya kadar trigliserida tidak makin meningkat.

• Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter

Rutin memeriksa diri ke dokter dapat menolong menahan bertambahnya kandungan kolesterol di badan. Karena, saat kandungan kolesterol telah bisa dibaca sedikit di atas normal, dokter akan merekomendasikan kita untuk memulai lakukan peralihan gaya hidup.

• Ketahui riwayat kolesterol keluarga

Bagi Anda dengan keluarga kandungan yang menanggung derita kolesterol tinggi, seharusnya selekasnya kontrol kandungan kolesterol ke dokter. Karena, ada kondisi masalah kolesterol yang turun di keluarga, namanya kerabat hiperkolesterolemia.

Kolesterol ialah elemen yang perlu untuk badan. Hingga, Anda perlu ketahui bukti-buktinya lebih komplet. Sesudah bisa membandingkan kolesterol jahat, kolesterol baik, dan trigliserida, Anda diharap semakin lebih semangat dalam menjaga kesehatan dan menghindar risiko kompleksitas dari masalah kolesterol.

Komentar