oleh

Breaking News: Bitung dan Gorontalo Diguncang Gempa

Bagikan Artikel Ini

PALU – Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (03/12/2019) pukul 18:52 WITA.

Dikutip dari Twitter @info BMKG, episentrum gempa terletak pada koordinat 1.50 Lintang Utara (LU) dan 126.14 Bujur Timur (BT) atau 113 km arah timur laut Bitung Sulut pada kedalaman 10 km.

Getaran gempa dirasakan (MMI) III Pulau Mayau, II Manado, II Tondano, II Siau, II Bitung, II Tomohon, II Minahasa Tenggara Tagulandang.

Selang tiga menit kemudian, gempa kembali menguncang wilayah tersebut dengan kekuatan magnitudo 5,3, tepatnya Pukul 18:55 Wita.

Episentrum gempa susulan yang lebih besar ini berada pada 1.46 Lintang Utara (LU) dan 126.18 Bujur Timur (BT) atau 117 km arah timur laut Bitung Sulut pada kedalaman 10 km.

Gempa lainnya di wilayah utara Pulau Sulawesi kemudian terjadi dalam waktu tak berselang lama dengan kekuatan magnitudo 4,9 terjadi di Boalemo Kabupaten Gorontalo pada Pukul 19:24 Wita.

Episentrum gempa berada pada 0.65 Lintang Utara (LU) dan 122.30 Bujur Timur (BT) atau 14 arah barat laut Boalemo, pada kedalaman 61 km. Pusat gempa berada di darat.

Getaran gempa dirasakan pada (MMI) III Kabupaten Boalemo, III Kab. Gorontalo Utara, II Bolaang Mongondow Utara, III Kwandang, III Bone Bolango.

Belum ada informasi terkait kerusakan akibat gempa, termasuk ada-tidaknya korban. Tetap waspada adanya potensi gempa susulan.

Berikut beberapa langkah yang perlu kita ketahui Saat terjadi gempa. Dikutip dari Klopmart.com, Badan Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah Internasional membagi langkah-langkah tersebut dibagi menjadi dua, yaitu langkah-langkah saat terjadi gempa dan langkah-langkah setelah terjadi gempa. Langkah-langkah tersebut dinamakan Safe Steps.

Saat Terjadi Gempa

  1. Jauhi jendela, kaca, dan benda berat. Kaca jendela umumnya pecah berkeping-keping jika getaran gempa cukup besar. Benda berat seperti lemari buku dan rak dapat jatuh serta menumpahkan isinya ke lantai.
  2. Pastikan mematikan kompor jika sedang memasak. Jika terjadi kebakaran kecil, segera padamkan api dengan APAR yang sudah kita persiapkan tadi.
  3. Pastikan pintu keluar tidak terhalang benda atau perabot apapun,
  4. Jika sedang berada di tempat tidur, jangan bergerak, taruh bantal di atas kepala Anda. Lindungi kepala dan wajah Anda.
  5. Jika berada di luar tempat tidur, merangkaklah sedekat mungkin (serendah mungkin) ke lantai.
  6. Berlindunglah di bawah meja yang kokoh. Hal ini dapat menyelamatkan Anda dari semburan pecahan kaca jendela, barang-barang yang jatuh dari lemari, maupun jika ada puing-puing rumah yang jatuh.
  7. Berpeganglah pada salah satu kaki meja supaya tidak terdorong keluar jika getarannya cukup besar.
  8. Tunggu sampai getaran berhenti dan segeralah lari keluar rumah.

 

Setelah Gempa

  1. Bawalah Bail-Out Bag beserta surat-surat penting yang kita sudah persiapkan di atas. Keluarlah dari rumah atau bangunan. Jika berada di dalam bangunan tinggi, gunakan tangga. JANGAN gunakan lift.
  2. Jauhilah bangunan yang rusak. Bangunan yang rusak dapat runtuh sewaktu-waktu apalagi jika ada gempa susulan.
  3. Jika terjadi gempa susulan, ikuti safe steps saat gempa di atas.
  4. Janganlah kembali ke rumah, kecuali jika pihak berwenang telah menyatakan keadaan aman.

 

Usahakan JANGAN PANIK! Tetap tenang, selamatkan diri Anda dan keluarga Anda!. [Red]

 

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 553
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru