RSUD Undata Buka Layanan Operasi Bedah Jantung Terbuka Akhir 2023

PALU – Gubernur H. Rusdy Mastura mengapresiasi atas dicapainya penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Sulteng dengan RS Jantung Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita, Rumah Sakit Kanker Dharmais dan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional.

Penandatanganan naskah MoU bertempat di ruang kerja gubernur pada Senin pagi (30/5).

Gubernur berharap tingkat kesakitan dan kematian dari penyakit-penyakit kronis dapat ditekan dengan semakin dekatnya layanan rumah sakit nasional di Sulteng.

“Dengan bantuan teman-teman ini semoga sakit jantung, kanker dan otak bisa cepat diselesaikan,” harap gubernur yang juga penyintas jantung.

Untuk itu, Direktur RSUD Undata drg Hery Mulyadi, diminta secepatnya membuat perencanaan dan program sebagai tindak lanjut MoU.

“Untuk (RS) Undata tolong bikin programnya bila perlu bagaimana Kita wujudkan ke sana,” tandas gubernur supaya pasien-pasien berpenyakit kronis dapat ditangani mandiri oleh Undata.

Sementara Ketua Pengampu Jejaring Rujukan Kardiovaskuler dan Rujukan Nasional Kardiovaskular, Dr. dr. Hananto Andriantoro, Sp.JP(K), MARS menyampaikan tujuan kerjasama ini ialah memeratakan pelayanan kesehatan secara nasional.

“Insya Allah sama penanganan dengan di Rumah Sakit Harapan Kita jadi (pasien Sulteng) ngga usah lagi ke Jakarta,” ungkapnya mewakili para dokter spesialis asal ibukota yang hadir.

Ia berharap dengan penguatan-penguatan dari segi peralatan, keuangan dan SDM maka Undata selaku rumah sakit rujukan provinsi dapat menangani operasi bedah jantung terbuka pada akhir tahun 2023.

“Sedang untuk (RS) kabupaten minimal bisa memasang ring dalam keadaan darurat,” lanjut dokter dengan spesialisasi jantung dan pembuluh darah.

Turut hadir, Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RS Jantung dan Kardiovaskuler Harapan Kita drg. Maya Marinda Montain, M.Kes; Dirut Rumah Sakit Pusat Otak Nasional dr Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS dan perwakilan RS Dharmais.

Sedang dari pemerintah provinsi nampak hadir Kadis Kesehatan dr. Komang Adi Sujendra, Sp.PD, Karo Administrasi Pimpinan Edy Lesnusa, S.Sos, Karo Pemerintahan dan Otda Drs. Dahri Saleh, M.Si, dr. Venice Chairiadi, Sp.JP., FIHA, tenaga ahli gubernur dan undangan terkait.

RSUD Undata Buka Layanan Operasi Bedah Jantung Terbuka Akhir 2023 1

Komentar