Kualifikasi Piala Dunia 2022: Kroasia Tersungkur di Slovenia

Bagikan Artikel Ini

JAKARTA – Tim nasional Kroasia terus memperlihatkan penurunan performa mereka sejak menjadi runner-up Piala Dunia 2018 saat tersungkur di Slovenia, dengan menelan kekalahan 0-1 saat mengawali kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup H.

Statistik laman resmi UEFA mencatat Kroasia mampu memiliki 69 persen penguasaan bola sepanjang laga di Stadion Stozice, Ljubljana, Kamis WIB, tetapi akhirnya kalah 0-1 dari tuan rumah akibat gol tunggal Sandi Lovric.

Hasil itu menandai tiga kekalahan beruntun bagi Kroasia dalam lima penampilan terakhir mereka yang tak pernah menang, baik itu di ajang UEFA Nations League maupun pertandingan persahabatan.

Kendati mengawali pertandingan dengan tiga percobaan tembakan yang mengancam gawang tuan rumah melalui Domagoj Vida, Andrej Kramaric dan Nikola Vlasic, Kroasia justru tertinggal lebih dulu pada menit ke-15.

Menerima umpan Andraz Sporar, Lovric melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti demi memperdaya kiper Dominik Livakovic.

Tujuh menit kemudian Slovenia hampir menggandakan keunggulan mereka jika saja tembakan Jaka Bijol tak diamankan Livakovic.

Keunggulan itu mampu dipertahankan oleh Slovenia hingga bubaran, terbantu salah satu penyelamatan kiper Jan Oblak pada menit ke-84 untuk menghentikan tembakan Ivan Perisic di pojok kiri bawah gawang.

Dalam pertandingan Grup H lainnya di Stadion Nasional Ta’ Qali, Rusia membekuk tuan rumah Malta dengan skor meyakinkan 3-1.

Artem Dzyuba dan Mario Fernandes membawa Rusia memimpin yang sempat dibalas Malta melalui Joseph Mbong. Semenit jelang bubaran normal, Alexander Sobolev melengkapi kemenangan Rusia jadi 3-1.

Sementara itu satu laga Grup H lainnya berakhir imbang 0-0 antara Siprus melawan Slowakia di Stadion GSP, Nicosia.

Grup H akan memainkan pertandingan putaran kedua mereka pada Sabtu (27/3) saat Slovenia bertandang ke Rusia, Kroasia menjamu Siprus dan Malta melawat ke Slowakia. [Ant]

BACA JUGA  Kualifikasi Piala Dunia 2022: Inggris Vs San Marino 5-0
loading...

Bagikan Artikel Ini

Komentar

Masih Hangat