7 Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Tanda-tandanya Kerap Tidak Diakui

Kolesterol adalah pemicu kematian paling besar di dunia. Tidak main-main, kematian karena Kolesterol mengambil 2,enam juta jiwa /tahun di penjuru dunia.

Kolesterol tinggi menyebabkan beragam penyakit, seperti diabetes, penyakit serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Data ini diambil dari situs Euractiv.

Lantas, bagaimana beberapa ciri Kolesterol tinggi yang dipunyai seorang? Kenali tanda-tanda melalui keterangan di bawah ini. Baca sampai habis ya!

1. Kolesterol dianggap tinggi saat LDL di atas 160 mg/dL

Tiada tes, susah untuk ketahui apa Kolesterol kita tinggi atau mungkin tidak. Untuk kandungan Kolesterol low densitas lipoprotein (LDL) atau Kolesterol jahat, harus kurang dari 100 mg/dL. Angka 130-159 mg/dL ialah batasan tinggi, 160-189 mg/dL digolongkan tinggi dan di atas 190 mg/dL dipandang tinggi sekali, tutur situs Medical News Today.

Upayakan supaya kadar Kolesterol LDL-mu masih tetap rendah, ya! Karena Kolesterol LDL sebagai bad kolesterol alias Kolesterol jahat.

2. Sementara, kolesterol HDL di bawah 40 mg/dL dipandang tidak baik untuk badan

Di sisi lain, kandungan Kolesterol high densitas lipoprotein (HDL) harus ada di atas 60 mg/dL. Jika kandungan Kolesterol HDL ada di bawah 40 mg/dL, karena itu kita beresiko tinggi terserang penyakit jantung. Angka 41-59 mg/dL dipandang rendah dan di atas 60 mg/dL dipandang baik untuk tubuh, sebutkan situs Medical News Today.

Kolesterol HDL dikatakan sebagai good Kolesterol alias Kolesterol baik karena bawa Kolesterol ke hati. Lantas, hati akan hilangkan Kolesterol dari badan kita.

3. Berapa keseluruhan kolesterol yang bagus untuk badan?

Masih seputar test Kolesterol, berapa sich keseluruhan Kolesterol yang dipandang baik untuk badan? Untuk orang dewasa, kandungan Kolesterol keseluruhan dianjurkan supaya di bawah 200 mg/dL.

BACA JUGA  5 Buah Ini Baik Turunkan Kandungan Kolesterol, Buat Tubuh Sehat

Sementara, Kolesterol dengan angka 200-239 mg/dL termasuk tinggi dan di atas 240 mg/dL dipandang tinggi sekali, tegas situs Medical News Today. That’s why, kita harus teratur untuk cek up kesehatan. Maksudnya supaya kita dapat mengawasi Kolesterol setiap saat agar terbebas dari kompleksitas yang dapat mencelakakan nyawa.

4. Kolesterol umumnya tidak punya tanda-tanda yang detil

Sering kali, Kolesterol tidak munculkan tanda-tanda yang detil. Hingga, kamu bisa jadi mempunyai Kolesterol walau fisik kelihatan bugar dan sehat, ungkapkan situs Famili Doctor. Oleh karena itu, penting untuk lakukan test Kolesterol dengan teratur dan periodik untuk memantau berapakah kandungan Kolesterol dari hari ke hari.

FYI, test kolesterol dilaksanakan untuk menghitung kandungan lemak pada darah. Ada 4 elemen yang diukur, yaitu HDL, LDL, trigliserida dan Kolesterol keseluruhan.

5. Kolesterol membuat pembuluh darah arteri mampet!

Salah satu beberapa ciri Kolesterol yang paling terang adalah ada sumbatan di pembuluh darah. Kolesterol yang menimbun di arteri akan mengakibatkan karies. Jika didiamkan, karies ini bisa menjadi keras dan membuat arteri menyempit. Disamping itu, karies yang berada di arteri dapat merintangi saluran darah, jelas situs Famili Doctor.

Jika arteri yang ada di otot-otot jantung mampet, maka kita dapat alami penyakit serangan jantung. Bila arteri yang mampet ada di otak, karena itu kita dapat beresiko terserang stroke. Wah, janganlah sampai ya!

6. Disamping itu, ciri-ciri Kolesterol tinggi adalah rasakan sakit di kepala

Ciri-ciri Kolesterol tinggi yang dapat diikuti ialah timbulnya sakit di kepala. Ini merujuk pada riset yang sudah dilakukan pada 1.550 peserta dan dipublikasikan di situs Practical Pain Manajemen. Dari riset itu, diketemukan jika peserta yang mempunyai Kolesterol punyai kecondongan untuk alami sakit di kepala yang intensif.

BACA JUGA  7 Makanan untuk Penderita Kolesterol Rendah

Riset lain dari University of Chieti-Pescara Italia, menyebutkan jika pasien yang berkadar Kolesterol keseluruhan dan LDL yang tinggi seringkali alami migrain kronis dari orang yang mempunyai Kolesterol lebih rendah, terang National Headache Foundation.

7. Terakhir, Kolesterol dapat diikuti dari ngilu dada

Bukan itu saja, Kolesterol tinggi dapat membuat kita rasakan ngilu dada. Ini karena ada karies yang menutup arteri di otot-otot jantung. Hingga darah tidak mengucur secara lancar dan membuat dada rasakan kesan seperti ditekan-tekan atau tertekan, papar situs Mayo Clinic.

Nach, itulah tanda-tanda Kolesterol tinggi dan langkah untuk mendeteksinya lebih awal. Janganlah lupa untuk lakukan test Kolesterol dengan teratur, ya!

Komentar