Penyebab Kolesterol dan Gejalanya

Kolesterol adalah lemak yang dibuat oleh badan, dan datang dari makanan hewani. Kolesterol menolong badan menghasilkan vitamin D, beberapa hormon, dan asam empedu untuk mengolah lemak. Dalam kandungan yang sama sesuai, ini sebetulnya diperlukan oleh badan dalam menolong membuat beberapa sel baru supaya badan dapat terus berperan secara normal.

Selain itu, Kolesterol dibutuhkan untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membuat vitamin D. Tetapi, bila kandungan Kolesterol terlampau tinggi, karena itu hal itu beresiko untuk badan karena akan menyebabkan beragam penyakit dan kompleksitas.

Di dalam darah, Kolesterol dibawa oleh protein. Kombinasi ke-2 nya disebutkan dengan lipoprotein. Dua tipe khusus lipoprotein ialah lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang umum disebutkan dengan Kolesterol jahat dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang umum disebut dengan Kolesterol baik.

Tugas LDL ialah mengusung Kolesterol dari organ hati ke beberapa sel yang memerlukan. Tetapi bila jumlah Kolesterol itu melewati keperluan, karena itu bisa terendap pada dinding-dinding arteri yang mengakibatkan penyakit.

Sementara itu, HDL bekerja untuk mengusung Kolesterol kembali ke organ hati, sebagai kontradiksi dari LDL. Dalam hati, Kolesterol akan dihancurkan atau dikeluarkan oleh badan lewat feses atau kotoran.

Kandungan koletesterol pada darah yang disarankan untuk tiap orang bervariatif. Bergantung setiap orang apa mempunyai resiko semakin tinggi ataupun lebih rendah untuk dapat terserang penyakit pembuluh arteri. Dalam pada itu, pengecekan berkaitan kandungan atau jumlah Kolesterol pada darah dapat diukur dengan lewat test darah.

Pemicu Kolesterol Tinggi

Bila kadar Kolesterol pada darah melebihi kandungan normal, karena itu keadaan ini dikatakan sebagai hiperkolesterolemia atau Kolesterol tinggi. Keadaan Kolesterol tinggi bisa tingkatkan resiko penyakit serius. Kolesterol sendiri ialah senyawa lemak berlilin yang mayoritas dibuat pada organ hati dan beberapa yang lain didapat dari makanan.

Umumnya, gempuran stroke dan jantung sebagai penyakit yang mengincar penderita Kolesterol tinggi yang disebabkan ada endapan Kolesterol terlalu berlebih pada pembuluh darah.

BACA JUGA  7 Makanan untuk Penderita Kolesterol Rendah

Konsumsi makanan yang mengandung Kolesterol tinggi atau mungkin kurang olahraga bisa juga mengakibatkan kelebihan Kolesterol, Tetapi, faktor turunan dapat menjadi penyebab dari Kolesterol.

Disamping itu, keadaan klinis yang bisa menyebabkan kandungan Kolesterol kurang sehat mencakup:

  • Penyakit ginjal akut.
  • Diabetes.
  • HIV/AIDS.
  • Hipotiroidisme.
  • Lupus.

Faktor Resiko Kolesterol Tinggi

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kandungan Kolesterol kurang sehat mencakup:

  • Skema Makan yang Jelek. Misalkan konsumsi kebanyakan lemak jemu atau lemak trans. Umumnya lemak jemu diketemukan dalam daging berlemak dan produk susu penuh lemak. Lemak trans kerap diketemukan pada makanan enteng paket atau makanan penutup.
  • Kegemukan. Mempunyai index massa badan 30 ataupun lebih tempatkan seorang pada resiko Kolesterol tinggi.
  • Kurang Olahraga. Olahraga menolong tingkatkan Kolesterol baik pada badan atau HDL.
  • Merokok. Rutinitas ini bisa turunkan kandungan HDL atai Kolesterol baik.
  • Alkohol. Minum kebanyakan alkohol bisa tingkatkan kandungan Kolesterol keseluruhan.
  • Umur. Walau anak-anak bisa juga terkena Kolesterol tinggi, keadaan ini lebih umum terjadi ke orang di atas 40 tahun. Bersamaan pertambahan umur, hati jadi kurang sanggup hilangkan Kolesterol LDL.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi umumnya tidak memunculkan tanda-tanda apa saja. Dalam umumnya kasus, tanda-tanda baru berasa saat Kolesterol tinggi ke arah pada pembangunan karies di arteri.

Karies bisa mempersempit arteri hingga semakin sedikit darah yang bisa melaluinya. Pembangunan karies mengganti formasi susunan arteri. Saat terjadi pengendapan pada dinding arteri karena kandungan Kolesterol yang terlalu berlebih, kendala ada saluran darah di jantung, otak, dan anggota badan yang lain dapat terjadi.

Koleterol tinggi meingkatkan resiko seorang terserang persempitan arteri atau aterosklerosis, aglutinasi darah di beberapa bagian badan tertentu, stroke enteng, stroke, sampai penyakit serangan jantung.

BACA JUGA  Turunkan Kolesterol Tinggi, Coba 5 Camilan dan Suplemen Ini

Rasa sakit di dada sisi depan atau di lengan (angina) saat seorang alami depresi atau melakukan aktivitas fisik yang berat dapat dikarenakan oleh Kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi tingkatkan resiko seorang untuk terserang penyakit jantung koroner.

Bila tidak mengganti skema makan dan tidak stop merokok, penderita Kolesterol tinggi semakin lebih beresiko terserang stroke atau penyakit jantung. Pada rokok diketemukan sebuah zat kimia yang disebutkan akrolein.

Zat ini bisa hentikan kegiatan Kolesterol baik atau HDL untuk mengusung tumpukan lemak ke arah hati. Mengakibatkan, dapat terjadi persempitan arteri atau aterosklerosis.

Analisis Kolesterol

Pengecekan kandungan Kolesterol pada darah seharusnya dilaksanakan bila alami tanda-tanda berat badan yang berlebih, tekanan darah tinggi, menderita diabetes, atau mempunyai penyakit yang lain yang bisa jadi tingkatkan kandungan Kolesterol.

Bila ada keluarga dekat yang menderita penyakit karena Kolesterol, atau ada keluarga dekat yang mempunyai kisah kardiovaskular pada umur dini, karena itu analisis pada kandungan Kolesterol benar-benar disarankan.

Analisis pada Kolesterol dilaksanakan berdasar hasil pengecekan darah dan pengecekan fisik dari tanda-tanda yang dirasakan oleh penderita. Pengecekan kisah keluarga akan dilaksanakan oleh dokter. Ini mempunyai tujuan untuk pastikan adakah keadaan klinis yang lain yang mengakibatkan kandungan Kolesterol tinggi pada darah.

Test darah simpel yang dipakai untuk menghitung kandungan Kolesterol disebutkan sebagai panel lipid. Test ini bermanfaat untuk memandang kandungan Kolesterol keseluruhan, Kolesterol LDL, Kolesterol HDL, dan trigliserida. Untuk lakukan test ini, dokter akan ambil contoh darah kamu. Selanjutnya, dokter akan mengirimi contoh itu ke laboratorium untuk dikaji. Saat hasil test telah keluar, dokter akan memberitahu kamu jika kandungan Kolesterol atau trigliserida kamu terlampau tinggi.

Saat sebelum lakukan panel lipid, dokter kemungkinan minta kamu tidak untuk minum dan makan apa saja sepanjang minimal 12 jam awalnya.

BACA JUGA  Sayuran yang Harus Dijauhi Penderita Kolesterol

Penyembuhan Kolesterol Tinggi

Peralihan pola hidup seperti olahraga dan konsumsi makanan yang sehat ialah garis pertahanan pertama menantang Kolesterol tinggi. Tetapi, bila ini gagal, penyembuhan selanjutnya umumnya dibutuhkan.

Opsi obat atau gabungan obat bergantung pada beragam factor, terhitung factor resiko individu, umur, kesehatan dan peluang efek obat. Opsi penyembuhan umum mencakup:

  • Statin. Opsinya terhitung atorvastatin, fluvastatin, lovastatin, pitavastatin, pravastatin, rosuvastatin dan simvastatin.
  • Inhibitor Peresapan Kolesterol. Misalkan obat ezetimibe, bisa menolong kurangi Kolesterol darah dengan batasi peresapan Kolesterol makanan. Ezetimibe bisa dipakai dengan obat statin.
  • Resin Pengikat Asam Empedu. Misalkan obat cholestyramine, colesevelam dan colestipol, bisa turunkan Kolesterol otomatis dengan mengikat asam empedu.
  • Obat Penghalang PCSK9. Bisa menolong hati mempernyerap semakin banyak Kolesterol LDL. Contoh obatnya ialah alirocumab dan evolocumab.

Bila kamu mempunyai trigliserida tinggi, dokter kemungkinan memberi resep:

  • Fibrat. Beberapa obat fenofibrate dan gemfibrozil, bisa kurangi produksi Kolesterol very-low-density lipoprotein (VLDL) hati dan percepat pembuangan trigliserida dari darah.
  • Niasin. Bisa batasi kekuatan hati untuk produksi Kolesterol LDL dan VLDL.
  • Suplemen Asam Lemak Omega-3. Bisa menolong turunkan trigliserida. Ada dengan resep atau over-the-counter (OTC).

Penangkalan Kolesterol Tinggi

Konsumsi makanan bergizi serta sehat imbang adalah cara khusus yang dapat dilaksanakan dalam menahan atau turunkan kandungan Kolesterol. Kandungan lemak pada makanan harus rendah.

Coba tukar mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jemu dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, dan biji- bijian utuh (misalkan, roti gandum utuh), supaya kandungan Kolesterol pada tubuh tetap rendah.

Menghindar merokok sebagai poin utama selainnya diet teratur dan turunkan berat tubuh untuk yang mempunyai berat tubuh berlebihan.

Kapan Harus ke Dokter?

Apabila sudah lakukan penangkalan, tapi kandungan Kolesterol masih tetap tinggi sepanjang sekian hari, hingga mengusik kegiatan, karena itu selekasnya datangi dokter untuk minta anjuran.

Komentar