Penonton MotoGP Mandalika tak Perlu Tes PCR

JAKARTA – Bagi masyarakat yang sudah menerima vaksinasi COVID-19 dosis kedua, tidak perlu lagi melakukan tes PCR maupun antigen jika ingin menonton MotoGP Mandalika, Lombok.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM secara virtual pada Senin, 7 Maret 2022.

“Tadi sudah mendapatkan arahan Presiden bahwa dengan dosis kedua di NTB sudah di atas 70 persen, maka penonton MotoGP di yang sudah dua kali vaksinasi tidak perlu di tes COVID-19, baik PCR maupun antigen,” ujarnya.

Selain itu, kata Airlangga, Presiden Joko Widodo juga memberikan arahan bahwa masa karantina untuk warga yang akan dan pulang dari perjalanan umroh, serta Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dikurangi menjadi satu hari.

“Arahan Presiden, karantina sudah dikurangi jadi 1 hari untuk umroh dan PPLN mulai dari besok dengan SE (Surat Edaran) dari BNPB yang baru,” ujar Airlangga.

Namun, bila ditemukan adanya kasus terkonfirmasi positif COVID-19, maka akan langsung dilakukan isolasi.

Airlangga menyebut, positivity rate atau tingkat kasus terkonfirmasi positif COVID-19 bagi pelaku perjalanan setelah pulang umroh mencapai 47 persen.

Komentar