oleh

Pemulihan Lupa Kata Sandi ID Apple di iOS 15 akan Dipermudah, Ini Caranya!

JAKARTA – Bagi pengguna iPhone, lupa kata sandi ID Apple itu merupakan peristiwa yang menyebalkan.

Bagaimana tidak, karena hanya dengan kata sandi tersebut kalian baru bisa mengakses akun kalian. Disituasi itu tak ada jalan keluar melainkan harus menghubungi pihak dukungan Apple untuk bisa mendapatkan kembali akses ke akun Kalian.

Nah, dalam waktu dekat, tepatnya di bulan September 2021, Apple akan resmi merilis iOS 15 dan iPadOS 15, yang sebelumnya sudah dirilis namun masih versi beta.

Di iOS I5 ini nantinya, akan ada fitur baru untuk mempermudah Kalian mengatasi kehilangan atau lupa kata sandi ID Apple di iPhone.

Fitur itu disebut Pemulihan Akun atau Recovery Contact, hanya dengan menelepon anggota keluarga atau kerabat dekat, kalian sudah bisa memulihkan akun Kalian yang kehilangan atau lupa kata sandinya.

Ini cukup keren dan jauh lebih mudah daripada metode saat ini yang harus menghubungi pihak dukungan Apple.

Berikut ini cara Konfigurasi atau Seting Pemulihan Akun Apple di iPhone iOS 15 dan iPadOS 15 yang di coba pada versi betanya dikutip Infopena dari Cnet.

  1. Siapkan kontak untuk Pemulihan Akun seperti keluarga atau kerabat dekat yang bisa Kalian Percaya.
  2. Sebelum dapat mengatur Pemulihan Akun, Anda harus memiliki semua perangkat Apple yang sudah terinstal iOS15, iPadOS 15 ataupun MacOS Monterey.
  3. Setelah semua perangkat Kalian menggunakan perangkat lunak terbaru, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
  4. Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk nama Kalian di bagian atas layar. Selanjutnya, pilih Kata Sandi & Keamanan, pilih Pemulihan Akun kemudian Tambahkan Kontak Pemulihan.
  5. Lalu, Ketuk Tambah Kontak Pemulihan di bagian bawah layar untuk melanjutkan. Masukkan kata sandi ID Apple Kalian saat diminta, selanjutnya ikuti petunjuk lainnya untuk memilih kontak pemulihan Kalian.
BACA JUGA  Apple Mulai Terapkan Label Privasi Data ke Aplikasi

Sampai disitu pengaturan di fitur Pemulihan Akun kalian telah selesai.

Untuk menggunakan Fitur Pemulihan Akun ini ketika Kalian lupa kata sandi ID Apple di iPhone iOS 15 dan iPadOS 15 begini caranya yang di coba pada versi beta.

Jika akun Kalian terkunci alias lupa kata sandi, Kalian langsung saja menghubungi salah satu Kontak Pemulihan yang sudah kalian tetapkan pada saat mengatur di Fitur Pemulihan Akun seperti contoh di atas menggunakan iPhone.

Kontak Kalian kemudian akan memberi kode pendek yang dapat mereka akses langsung di iPhone mereka, kemudian kode itu Kalian masukkan untuk membuka kunci akun Kalian.

Setelah akun Kalian sudah bisa dibuka, Kalian akan diminta untuk membuat kata sandi baru. Buatlah kata sandi yang mudah Kalian ingat, disarankan menggunakan aplikasi pengelola kata sandi. Ini akan membuat kata sandi yang aman untuk Kalian menyimpannya, dan bahkan memasukkannya saat diminta.

Komentar

Masih Hangat