oleh

Bulan Rajab 2021, Ini Doa yang Biasa Dibaca Rasulullah SAW

JAKARTA – Tanggal 1 Rajab 1442 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 13 Februari 2021. Bulan ketujuh dalam kalender Hijriah ini akan berakhir pada 14 Maret 2021 mendatang. Setelah itu, kalender Hijriah akan memasuki bulan Sya’ban. 

Lalu, apa istimewa atau keutamaan bulan Rajab bagi umat Islam?

Bulan Rajab adalah salah satu bulan istimewa. Salah satunya karena pada bulan ini (27 Rajab) terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj. Peristiwa ini berkaitan dengan turunnya perintah dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW berupa sholat wajib lima waktu.

Keistimewaan bulan Rajab ini biasanya dimanfaatkan oleh umat muslim untuk meningkatkan ibadah. Ada beberapa amalan yang bisa dilakukan saat bulan Rajab yakni amalan sunnah seperti puasa Rajab, hingga shalawat dan istighfar.

Masuknya bulan Rajab berarti semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Rasulullah SAW sendiri memiliki doa khusus yang dianjurkan untuk dibaca saat bulan Rajab. Doa tersebut dibaca agar Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan panjang umur hingga datangnya bulan Ramadhan.

Berikut ini doa bulan Rajab yang biasa dibaca Rasulullah SAW:

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa balighna Ramadhana.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan.”

Lantas, kapan doa Rajab ini biasanya dibaca? Doa bulan Rajab bisa dibaca setiap selesai shalat fardhu atau shalat sunah, atau di waktu-waktu lain selama bulan Rajab.

Semoga kita mampu meraih kemuliaan bulan Rajab hingga diberikan umur panjang untuk sampai pada bulan Bulan Ramadan. 

Komentar

Masih Hangat