oleh

5 Trik Jitu Agar Tetap Aman Menggunakan Toilet Umum di Masa Pandemi

Mau dimanapun kita, yang jelas ketika sedang berada di luar dan tiba-tiba kebelet untuk buang air, kita pastinya akan langsung menuju toilet umum di dalam gedungnya.

Nah masalahnya, saat ini kita masih dalam masa pandemi COVID-19. Dan sangat lumayan beresiko apabila kita menggunakan toilet umum di masa-masa ini. Lalu bagaimanakah tips aman untuk menggunakan toilet umum di masa pandeminya ini? Yuk langsung saja simak 5 trik jitunya berikut ini.

1. Masker, Masker, Masker

Trik pertama agar tetap aman menggunakan toilet umum ini, tentunya adalah tetap menggunakan masker. Walaupun katakanlah kamu sedang buang air besar di salah satu kamarnya atau memang kebetulan ruang toilet sedang tidak ada orang sama sekali, tetaplah kita harus menggunakan masker.

Tentunya hal ini agar bisa melindungi diri kita dan juga sekitar, dari potensi ketularan virus COVID-nya.

2.  Menjaga Jarak Saat Antre Menuju Toilet Umum

Trik pertama agar tetap aman menggunakan toilet umum selanjutnya adalah selalu menjaga jarak dengan pengguna toilet lain setidaknya 1.5 meter.

Dan sama seperti himbauan penggunaan masker, sepertinya himbauan ini tidak usah diulang-ulang lagi. Karena himbauan ini juga sudah berkali-kali diberitahukan sejak dimulainya masa pandemi awal 2020 lalu.

Jadi pada akhirnya, kembali algi ke kesadaran diri kita masing-masing saja oke?

3. Menyiram Toilet Sebelum dan Sesudah Menggunakan

Baik sebelum atau sesudah menggunakan toilet, sangat disarankan untuk menyirman (flush) terlebih dahulu.

Mengapa? Hal ini agar bisa meminimalisir kemungkinan dari percikan air atau udara kotor (mengandung bakteri) yang bisa saja, kita tak sengaja hirup.

4. Cuci Tangan Hingga Bersih Secara Berkala

Jadi walau kita belum melakukan proses buang air kita, ada baiknya atau bahkan seyogyanya kita mencuci tangan terlebih dahulu. Terlebih, jika pintu toilet umumnya, masih yang model tarik dan dorong.

BACA JUGA  Doni Monardo: Pemberian Masker di Petamburan Semata-mata untuk Lindungi Masyarakat

Bisa bayangkan, banyaknya beragam bakteri dan virus yang menempel di tangan setelah memegang gagang pintunya itu. Nah setelahnya, kita pasti akan memegang gayung (kalau toilet umum “tradisional”) atau flush.

Tentunya gayung atau flush itu sudah disentuh oleh beberapa pengguna toilet sebelumnya bukan? Jadi sekali lagi, jangan lupa smaa sekali untuk cuci tangan lagi hingga bersih setelah selesai menggunakan toiletnya.

5. Gunakan Tisu, Jangan Mesin Pengering Tangan

Tak memungkiri ketika kita di toilet mall, kita selalu mengeringkan tangan dengan mesin pengering (hand dryer). Hal ini dikarenakan kepraktisan dan hasil cepat kering yang didapat.

Akan tetapi di masa pandemi seperti sekarang, alangkah baiknya kita tidak usah dulu mengeringkan tangan dengan mesin tersebut. Karena hembusan udaranya yang mengenai kedua tangan, akan menerbangkan partikel-partikel udara baik dari mesinnya, maupun yang ada di kedua tangan.

Jadi lebih baiknya, gunakan saja tisu. Tisu-nya pun kalau bisa adalah tisu yang kita bawa sendiri dari rumah. Jangan menggunakan tisu yang tersedia di toiletnya (KALAU BISA). Karena bisa saja tisu yang akan kita ambil tersebut, sebelumnya telah “dipeper-peperi” oleh mereka yang tidak bertanggung jawab.

Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Komentar

Masih Hangat