Sosok Fatima Sheikh yang Jadi Icon Google Doodle Hari Ini

JAKARTA – Hari ini, 9 Januari 2022, Google Doodle menampilkan tokoh muslim India, Fatima Sheikh. Ia dikenal luas sebagai guru wanita Muslim pertama di India.

Bersama rekan perintis dan reformis sosial Jyotirao dan Savitribai Phule , Sheikh ikut mendirikan Perpustakaan Pribumi pada tahun 1848, salah satu sekolah pertama untuk anak perempuan di India.

Melansir Laman Google Doodle, Fatima Sheikh lahir pada 9 Januari 1831 di Pune, India. Dia tinggal bersama saudara laki-lakinya Usman, dan saudara-saudaranya membuka rumah mereka ke Phules setelah pasangan itu diusir karena berusaha mendidik orang-orang dari kasta yang lebih rendah. Perpustakaan Pribumi dibuka di bawah atap para Syekh.

Di sini, Savitribai Phule dan Fatima Sheikh mengajar komunitas Dalit yang terpinggirkan dan perempuan Muslim serta anak-anak yang ditolak pendidikannya berdasarkan kelas, agama, atau gender.

Upaya Phules untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada mereka yang lahir di kasta rendah India dikenal sebagai gerakan Satyashodhak Samaj (Masyarakat Pencari Kebenaran ).

Sebagai pembela seumur hidup dari gerakan kesetaraan ini, Sheikh pergi dari pintu ke pintu untuk mengundang kaum tertindas di komunitasnya untuk belajar di Perpustakaan Pribumi dan melepaskan diri dari kekakuan sistem kasta India.

Dia mendapat perlawanan besar dari kelas dominan yang berusaha mempermalukan mereka yang terlibat dalam gerakan Satyashodhak, tetapi Syekh dan sekutunya tetap bertahan.

Meskipun kisah Sheikh secara historis diabaikan, pemerintah India menyoroti pencapaiannya pada tahun 2014 dengan menampilkan profilnya di buku teks bahasa Urdu bersama dengan para pendidik India lainnya.

Sosok Fatima Sheikh yang Jadi Icon Google Doodle Hari Ini 1

Komentar