Perjalanan Nyaman dan Aman dengan Asuransi Perjalanan

Anda sering bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri baik untuk liburan atau bekerja? Jika ya, memiliki asuransi perjalanan adalah hal wajib dimiliki untuk menjamin perjalanan Anda tetap nyaman dan aman.

Lebih baik sebelum bepergian Anda sudah memproteksi diri dengan asuransi perjalanan, sehingga tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang merugikan seperti kehilangan paspor, kecopetan, bagasi hilang, hingga perawatan medis.

 Asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang memberikan pertanggungan atau ganti rugi atas terjadinya risiko perjalanan selama Anda bepergian. Asuransi perjalanan berlaku mulai dari Anda pergi hingga kembali ke tempat asal, sesuai dengan yang disepakati dalam polis.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh agar Anda terlindungi dari risiko-risiko yang menimbulkan kerugian tidak disengaja. Termasuk, mendapatkan santunan cacat asuransi jiwa saat bepergian, hingga asuransi perjalanan covid19 dalam kondisi seperti saat ini.

Jenis Asuransi Perjalanan

Perusahaan asuransi biasanya akan menawarkan beberapa jenis asuransi perjalanan untuk memenuhi kebutuhan Anda selama bepergian.

Simak penjelasan berikut ini tentang jenis asuransi perjalanan:

1. Asuransi Perjalanan Domestik

Sesuai namanya, jenis asuransi perjalanan domestik akan memberikan pertanggungan ke manapun perjalanan Anda di wilayah Indonesia.

Manfaat yang bisa diberikan dari asuransi ini meliputi tiket pesawat, kehilangan atau kerusakan barang, evakuasi darurat, biaya medis, hingga tanggung jawab hukum pribadi.

2. Asuransi Perjalanan Internasional

Memiliki asuransi perjalanan internasional menjadi dokumen wajib jika anda bepergian ke luar negeri. Apalagi sejak ada pandemi, banyak negara yang menerapkan syarat untuk memiliki asuransi perjalanan Covid19 bagi yang ingin bepergian ke luar negeri.

Manfaat yang ditanggung juga lebih lengkap, mulai dari kehilangan paspor, kerusakan bagasi, ketinggalan pesawat, dan lainnya. Manfaat perluasan akibat covid 19 juga bisa Anda dapatkan seperti biaya medis akibat covid 19, pembatalan perjalanan akibat covid 19, hingga biaya karantina wajib.

BACA JUGA  Asuransi Kesehatan CAR Life, Jenis-Jenis Terbaiknya

Manfaat Asuransi Perjalanan

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari asuransi perjalanan, di antaranya yaitu:

1. Manfaat Kecelakaan

Jika Anda memiliki asuransi perjalanan, bila terjadi kecelakaan akan ditanggung oleh asuransi baik biaya medis, biaya rawat inap, atau rawat jalan. Umumnya asuransi perjalanan juga akan memberikan santunan cacat asuransi jiwa akibat kecelakaan.

2. Bantuan Darurat

Risiko menghadapi masalah selama bepergian pasti akan selalu ada. Apalagi jika masalah terjadi ketika sedang berada di negeri orang, pastinya tidak menyenangkan. Asuransi perjalanan bisa memberikan bantuan darurat jika anda sedang menghadapi hal tidak terduga.

Bantuan darurat ini bisa meliputi evakuasi medis, pemulangan jenazah, hingga 24 jam hotline bantuan darurat.

3. Kompensasi Ketidaknyamanan Perjalanan

Masalah-masalah yang sering terjadi ketika bepergian adalah resiko barang rusak bahkan hilang, keterlambatan penerbangan, kehilangan paspor, pembatalan perjalanan, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sudah mengantongi asuransi perjalanan, maka tidak perlu khawatir karena Anda akan memperoleh perlindungan atas semua masalah itu.

4. Perlindungan Rumah

Asuransi perjalanan juga bisa memberikan jaminan perlindungan terhadap rumah atau tempat tinggal yang anda tinggalkan selama bepergian.

Biaya yang ditanggung biasanya biaya kerugian akibat kebakaran rumah beserta isinya, perampokan, atau resiko-risiko lain yang merugikan Anda.

5. Kompensasi Kerusuhan

Ketika bepergian ke suatu wilayah tidak bisa dijamin selalu aman. Anda tidak bisa meramalkan kejadian apa yang akan terjadi.

Mungkin saja kebetulan terjadi kerusuhan ketika Anda berada di sana. Asuransi perjalanan bisa menanggung risiko tersebut.

6. Biaya Perjalanan Darurat

Beberapa polis asuransi perjalanan juga menanggung biaya ketika melakukan perjalanan baik untuk liburan atau bisnis, tetapi ada hal tidak terduga yang mengharuskan Anda untuk kembali ke kota asal segera mungkin.

BACA JUGA  Asuransi Kesehatan CAR Life, Jenis-Jenis Terbaiknya

7. Biaya Hukum

Kebutuhan akan hukum juga termasuk manfaat yang bisa anda peroleh dari asuransi perjalanan.

Adanya risiko tuntutan hukum dari pihak lain ketika anda bepergian ke luar negeri bisa mungkin terjadi karena tidak sengaja menyebabkan orang terluka atau merusak properti.

8. Pertanggungan Tambahan

Ada beberapa hal yang tidak bisa ditanggung oleh asuransi perjalanan, namun Anda tetap bisa mendapatkannya jika menambah biaya premi.

Pertanggungan tambahan yang bisa Anda ambil misalnya olahraga ekstrem, penyakit yang sudah diderita sebelum berangkat, dan risiko akibat perang.

Perjalanan Nyaman dan Aman dengan Asuransi Perjalanan 1

Komentar

Masih Hangat