oleh

Dua Buah Ranperda dan Keputusan DPRD Sulteng Ditetapkan

PALU – Di penghujung tahun 2021, DPRD Sulteng menggelar rapat Paripurna dengan agenda penetapan dua buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dan menetapkan dua buah Keputusan DPRD Sulteng.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Sulteng Hj Zalzumida A Djanggola, berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Sulteng, Senin, 27 Desember 2021).

Rapat dihadiri Asisten III Sekdaprov Sulteng Moelyono, Sekwan Hj Tuty Zarfiana dan jajarannya serta instansi terkait.

Usai dibuka pimpinan sidang, rapat langsung ke agenda utama yakni mendengarkan Laporan Pansus I yang dibacakan oleh Dra Hj Sri Indraningsih Lalusu yang kemudian mendelegasikannya kepada juru bicara Pansus I Muhaimin Yunus.

Di kesempatan ini, juru bicara Pansus I Muhaimin Yunus, melaporkan proses pembentukan Raperda tentang ketentraman dan ketertiban umum yang perlu dukungan masyarakat.

Sementara itu untuk Pansus II yang menggodok Raperda tentang Kematian Ibu, Anak dan Stunting juga melaporkan kerja Pansus dan pembahasannya yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pansus H Zainal Abidin Ishack.

Laporan secara lengkap juga disampaikan oleh juru bicara Pansus Rahmawati Nur, yang menguraikan secara detail tentang apa hasil kerja Pansus perpasal.

Dalam rapat Paripurna ini, ada dua hal penting yang juga di lakukan, yakni mengagendakan penetapan Peraturan DPRD Sulteng, adalah perubahan Tata Tertib DPRD Sulteng No 1 Tahun 2019 dan Peraturan DPRD Sulteng tentang Kode Etik DPRD Sulteng.

Sementara itu Gubernur Sulteng dalam pendapat akhirnya mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kinerja pembentukan Perda DPRD Tahun 2021, walaupun disadari, pihaknya bahwa kinerja pembentukan Perda Tahun ini belum maksimal sesuai jumlah Prompemperda yang telah ditetapkan sebelumnya.

Oleh karena itu, gubernur meminta agar masalah ini untuk menjadi fokus maksimal dalam penyusunan dan pembahasan Propemperda Tahun 2022 mendatang.

BACA JUGA  DPRD Sulteng Hadiri Musker Pengurus Persekutuan Perempuan Se Sinode GKST

Terkait dengan dua buah Raperda yang barusaja disetujui, Gubernur mengatakan akan memerintahkan kepada Kadis Kesehatan dan Kasat Pol PP untuk segera mempersiapkan dan menyusun Pergub sebagai pelaksanaannya.

Sementara itu khusus untuk laporan Pansus IV disampaikan oleh Moh Faizal Lahadja, yang mengemukakan jalannya pembahasan rancangan Perubahan Tatib dan Kode Etik DPRD Sulteng serta laporan fasilitasi yang telah dilakukan pihaknya.

Dengan ditetapkannya kedua Raperda tersebut serta Keputusan DPRD, pimpinan rapat juga telah menyatakan Pansus tersebut dibubarkan.

Dua Buah Ranperda dan Keputusan DPRD Sulteng Ditetapkan 1

Komentar