Peran Pilar Demokrasi ke Empat Menyongsong Pilkada Kota Palu 2020

Oleh Ridwan Laki
Dosen Universitas Alkhairaat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, melaunching Media Center dan Website awal bulan Desember ini, tidak berlebihan kalau saya mengatakan KPU Kota Palu memang luar biasa, betapa tidak, bekas garasi yang berukuran 8 meter persegi yang terletak disisi barat gedung sederhana itu disulapnya menjadi media center yang sudah dilengkapi meja, kursi dihiasi ornamen indah bertuliskan nama-nama media yang menjalin kerjasama dengannya.

Menurut saya, KPU Kota Palu melakukan loncatan yang luar biasa, KPU Kota Palu berhasil menempatkan pilar ke empat sebagai “kawan” dalam menyebarluaskan informasi hingga akar rumput. Keberadaan Media Center ini, lebih memudahkan 21 media massa yang bermitra untuk mendapatkan informasi tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkada yang disampaikan kepada masyarakat wajib pilih.

Keberadaan media tidak sekedar menyebarluaskan informasi tahapan pilkada saja, melainkan mampu memainkan perannya sebagai pilar keempat dalam demokrasi dalam menangkal penyebaran berita bohong alias hoax. Diharapkan masyarakat teredukasi dengan baik, mengontak langsung para komisioner setelah mendapat informasi dari media.

Ketua KPU Kota Palu, Agusalim Wahid mengay, keberadaan Media Center, Website dan Rumah Pintar Pemilu (RPP) akan menjaga keseimbangan informasi kepemiluan khususnya yang berkaitan dengan Pilkada Kota Palu tahun 2020 mendatang. Juga menjadi sarana komunikasi massa serta menciptakan ruang dialegtika, terbuka bagi masyarakat yang ingin datang berkunjung ke media center itu.

KPU akan terus berbenah untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan internal maupun ekternal, sehingga demokrasi berjalan sesuai harapan.

Berdasarkan data dari KPU Kota Palu, pada Pilkada tahun 2010, tingkat partisipasi berada pada angka 59,56 persen. Tahun 2015 naik menjadi 61,17 persen dan pada Pemilu tahun 2019 naik lagi menjadi 86 persen. Ditargetk pada Pilkada tahun 2020 nanti, tingkat partisipasi bisa naik. Atau paling tidak bisa dipertahankan seperti pencapaian tahun 2019 kemarin.

Komentar