Xiaomi 14 Ultra Meluncur, Camera Utama 50MP, Asupan Cahaya Lampaui iPhone 15 Pro Max

Ponsel andalan Xiaomi yang sudah lama ditunggu-tunggu, Xiaomi 14 Ultra, telah resmi diluncurkan di China dalam acara yang juga memperkenalkan Pad 6S Pro. Berikut ini detail spesifikasinya seperti dilansir Infopena.com dari Gizchina.

Inti dari Xiaomi 14 Ultra terletak pada layar 6,73 inci 2K OLED TCL C8 LTPO yang mengesankan, dengan resolusi 3200 x 1440 piksel. Layar ini menawarkan kecerahan puncak 3000 nits bersama dengan kerapatan piksel 522 PPI. Muncul dilengkapi dengan gamut warna lebar (P3) dan mendukung berbagai format HDR seperti Dolby Vision dan HDR Vivid. 

Fitur adaptive refresh rate berkisar antara 1Hz hingga 120Hz, dilengkapi dengan pemanfaatan teknologi kedalaman warna 12-bit. Layar ini menggabungkan kemampuan canggih seperti pengambilan sampel sentuhan instan dan kalibrasi warna yang presisi, memastikan pengalaman visual terbaik. 

Selain itu, TÜV Rheinland telah memberikan sertifikasi pada layar untuk perlindungan mata, yang selanjutnya didukung dengan tiga sertifikasi yang memastikan resolusi.

Dari segi desain, Xiaomi 14 Ultra menghadirkan tata letak tiga tahap klasik dengan rangka tengah logam kokoh yang tertutup sepenuhnya. Perangkat ini memiliki ketebalan 9,2 mm dan berat 224,4 g untuk varian yang dibuat dengan kulit polos. Khususnya, ia memperkenalkan “Xiaomi Dragon Armor Architecture” yang inovatif, yang mencakup bingkai paduan aluminium berkekuatan tinggi dan Dragon Crystal Glass untuk meningkatkan kinerja anti-bending dan ketahanan jatuh yang unggul dibandingkan dengan iPhone. 

Selain itu, perangkat ini menampilkan desain layar lengkung mikro yang dalam, menjembatani daya tarik visual layar datar dengan sensasi sentuhan layar melengkung.

Xiaomi 14 Ultra ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3 yang tangguh, dilengkapi ruang pendingin cair 3x untuk mengoptimalkan pengaturan termal. 

Perangkat ini menawarkan beberapa konfigurasi penyimpanan, termasuk RAM 12GB dengan penyimpanan 256GB, RAM 16GB dengan penyimpanan 512GB, dan RAM 16GB dengan penyimpanan 1TB. 

Beroperasi pada HyperOS, yang berbasis Android 14, Xiaomi 14 Ultra memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

Berfokus pada kemampuan kameranya, Xiaomi 14 Ultra mengusung sistem quad-camera yang canggih. Pengaturannya mencakup kamera utama Sony LYT-900 1 inci 50MP yang dilengkapi OIS dan variabel aperture tak terbatas f/1.63-f/4.0, lengkap dengan lapisan refleksi ultra-rendah ADL. 

Selain itu, ia memiliki kamera sudut ultra lebar 50MP dengan aperture f/1.8, juga dilengkapi dengan lapisan refleksi ultra-rendah ADL. Sensor LYT-900, dibandingkan dengan IMX989, mengurangi konsumsi daya sebesar 43% dan mencapai rentang dinamis asli 14EV, yaitu 9,5 kali lipat dari IMX989.