Sudah 19.935 Jemaah Haji Diberangkatkan ke Madinah

JAKARTA – Juru bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat, Akhmad Fauzin, menyampaikan bahwa Minggu (12/6/2022), ada 3.226 jemaah haji yang akan diberangkatkan ke Madinah. 

“Jemaah dan petugas yang diberangkatkan hari ini sebanyak 3.226 orang,” kata Akhmad Fauzin, di Asrama Haji Pondok Gede, Minggu (12/6/2022).

Mereka terdiri atas jemaah dan petugas yang diberangkatkan tergabung dalam 8 kloter dan diberangkatkan dari enam embarkasi. Ada dua kloter yang berangkat dari Embarkasi Jakarta – Bekasi (JKS) dengan total jemaah 820 orang. Dua kloter lainnya berangkat dari Embarkasi Surabaya (SUB) dengan total jemaah 900 orang.

Sementara masing-masing satu kloter berangkat dari Embarkasi Banjarmasin atau BDJ (360 jemaah), Jakarta – Pondok Gede atau JKG (393 jemaah), Medan atau MES (393 jemaah), dan Solo atau SOC (360 jemaah).

Sementara itu, total jemaah yang sudah diberangkatkan ke Madinah sejak hari pertama berjumlah 19.935 orang. Mereka tinggal di Kota Nabi antara 8-9 hari dengan memperhitungkan kecukupan waktu untuk Salat Arbain (salat berjamaah di Masjid Nabawi selama 40 waktu).

Setelah menjalani berbagai rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah, jemaah selanjutnya diberangkatkan menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

“Hari ini akan mulai ada pergerakan jemaah dari Madinah ke Makkah. Ada dua kloter yang akan diberangkatkan, yaitu kloter pertama embarkasi Solo dan Jakarta – Pondok Gede,” tandasnya.

Komentar