Cara Mudah Mengetahui Kekayaan Penyelenggara Negara Kita

JAKARTA – Di era sekarang ini sudah sangat mudah mengetahui harta kekayaan Penyelenggara Negara. Kita hanya perlu mengakses Laman LHKPN.

Adapun caranya sebagai berikut:
KLIK https://elhkpn.kpk.go.id. Kemudian pilih fitur e-Announcement.

Nantinya akan tampil halaman dimana masyarakat bisa memasukan sosok penyelenggara negara yang ingin dilihat dengan memasukan nama dan instansi yang bersangkutan.

Hal itu diungkapkan, Safrina, Spesialis Direktorat LHKPN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam keterangannya Jumat, 9 September 2022 dilansir dari Infopublik.

Dia mengatakan, untuk mendapatkan detail laporan, masyarakat bisa memilih kolom Aksi agar dapat mengunduh laporan tersebut. Di situ akan ditampikan data harta mulai dari tanah dan bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak, surat berharga, kas dan setara kas, harta lain dan utang.

“Teman-teman juga bisa membandingkan LHKPN penyelenggara negara setiap tahunnya. Apakah ada penambahan atau berkurang. Jadi bisa melakukan analisis dari tahun ke tahun,” katanya.

Lanjutnya, setelah melakukan monitoring, peran serta masyarakat lainnya yang bisa dilakukan ialah melaporkan kepada KPK jika mengetahui ada harta kekayaan penyelenggaran negara yang belum dilaporkan. Sebagai contoh, banyak kasus dimana harta seperti rumah dan kendaraan yang tidak dilaporkan atau sengaja tidak dilaporkan.

Oleh karenanya, jika masyarakat kenal atau hidup berdampingan dengan penyelenggara negara tersebut bisa melaporkannya kepada KPK melalui fitur kolom aksi kirim info harta. Baiknya, laporan tersebut juga disertai bukti pendukung seperti foto rumah atau kendaraan tersebut. Nantinya, KPK akan menindaklanjuti dengan melakukan verifikasi kepada yang bersangkutan.

“Hal itu perlu agar pencegahan korupsi maksimal. Jadi tidak hanya pelapor saja yang sudah transparan tapi masyarakat juga harus berperan serta mengawasinya. Mari bersama kita ciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi,” ujarnya.

Komentar