oleh

STB ASO Mulai Disalurkan, Ini Cara Merubah TV Analog ke TV Digital

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah gencar mensosialisasikan program mirgrasi siaran TV Analog ke siaran TV Digital.

Teranyar, sebanyak 3,2 juta Set Top Box (STB) gratis untuk rumah tangga miskin (RTM) telah disediakan Kominfo pada tahap pertama program Analog Switch Off (ASO) atau siaran televisi digital.

Jumlah tersebut disediakan Kominfo bersama penyelenggara multipleksing (MUX).

Kominfo pun telah membagi tiga tahapan ASO, yang meliputi tahap pertama dan telah dilakukan pada 30 April 2022 di 56 wilayah layanan siaran di 166 kabupaten dan kota.

Kemudian tahap kedua paling lambat dilakukan 25 Agustus 2022 di 31 wilayah layanan siaran di 110 kabupaten dan kota. Sedangkan tahap ketiga pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan siaran di 65 kabupaten dan kota.

Staf Khusus Menteri Kominfo, Philip Gobang, saat sosialisasi pendistribusian STB ASO di Tegal Jawa Tengah, Senin (18/4/2022) mengatakan pada tahap pertama Kominfo menyediakan 87.310 unit dari total 3.202.503 unit kebutuhan STB. Sisanya akan dilakukan oleh penyelenggara MUX.

“Maka Kementerian Kominfo memastikan bahwa program ASO akan segera dimulai,” katanya seperti dikutip dari Infopublik.

Maka itu, untuk kebutuhan distribusi dan instalasi STB untuk rumah tangga miskin akan memerlukan dukungan dari pihak ketiga, dalam hal ini perusahaan layanan Pos. PT Pos Indonesia kemudian ditunjuk sebagai mitra pendistribusiannya.

“PT Pos Indonesia (Persero) dengan pengalaman yang cukup panjang dalam perjalanannya memberikan layanan kepada masyarakat luas dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, memiliki kemampuan untuk melakukan distribusi dan instalasi STB bagi rumah tangga miskin di seluruh Republik Indonesia. Dengan didukung. SDM, sarana serta infrastruktur yang memadai dalam pelaksanaannya,” kata SVP Enterprise Business PT Pos Indonesia Adi Sunanto, di tempat terpisah.

BACA JUGA  Canggih, STB TV Digital Punya Fitur Peringatan Bahaya Bencana

Lantas bagaimana cara merubah TV analog ke TV digital ?

Dikutip dari @siarandigitalindonesia, ada dua cara yang bisa dilakukan :

  1. TV analog dengan bantuan set top box (STB) atau deorder
  2. TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2

Caranya

  • Pastikan di daerah anda sudah ada siaran televisi digital
  • Gunakan antena rumah biasa, yaitu antena UHF atau antena dalam rumah
  • Pastikan perangkat TV Anda sudah dilengkapi penerima siaran digital DVB-T2
  • Jika Televisi hanya bisa menerima siaran analog pasang set top box (STB)
  • Setelah perangkat televisi tersambung pilih opsi pengaturan / setting
  • Pilih auto -scan untuk membuka program siaran TV digital
  • Untuk tipe dekorder / set-top-box tertentu pengguna akan diminta memasukkan kode pos wilayahnya.

Tambahan informasi, adapun manfaat yang didapat setelah menerapkan siaran TV digital yakni menaikan kualitas audio visual, tingkat kebersihan gambar dan kejelasan suara naik dan berlipat dengan adanya teknologi digital. 

STB ASO Mulai Disalurkan, Ini Cara Merubah TV Analog ke TV Digital 1

Komentar