oleh

Waket III DPRD Sulteng Hadiri Peringatan Ke 26 Hari OTDA

PALU – Wakil Ketua III DPRD Sulteng H Muharram Nurdin bersama jajaran Forkopimda Sulteng menghadiri puncak Peringatan ke 26 Hari Otda Tahun 2022 secara virtual.

Peringatan itu juga diikuti oleh para gubernur dan bupati walikota se Indonesia, dipusatkan di Kementerian Dalam Negeri, Senin ( 26/4/22).

Mendagri dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mengatakan, peringatan Hari Otda sebagai refleksi atas tujuan dilakukannya Otda 26 tahun silam.

“Tak lain adalah penyerahan sebagian kewenangan pusat kepada daerah hampir seluruh aspek kecuali bidang fiskal, keamanan, agama, politik luar negeri serta pertahanan,” ujarnya.

Mendagri juga memberikan apresiasi kepada daerah otonomi baru yang telah berhasil mengatasi keuangan daerahnya.

Pada kesempatan tersebut Mendagri juga menyinggung soal penyebaran covid 19 dan penanganannya, soal dampak perang Ukraina yang juga berpengaruh di Indonesia.

Juga soal stabilias harga pangan di daerah dan juga fungsi Satgas masing masing daerah agar diefektifkan terkait pengawasan stabilitas harga pangan di pasaran.

Puncak peringatan ini juga ditandai dengan diluncurkannya Sistem Informasj Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( SILPP) dan Konsultasi Virtual Otda ( KOVI) yang merupakan aplikasi layanan secara virtual kepada masyatakat.

Komentar

Masih Hangat