Timnas Indonesia Kalahkan Singapura, Ini Jadwal Final Piala AFF 2020

JAKARTATimnas Indonesia akhirnya melaju ke final Piala AFF 2020 setelah berhasil mengalahkan Singapura di leg kedua semifinal dengan skor 4-2 pada Sabtu, 25 Desember 2021 malam.

Hasil imbang 1-1 di leg pertama membuat kedua Timnas sama-sama coba mencari gol cepat. 

Di menit ke-6 timnas Indonesia sempat membuat gebrakan, namun sayang tendangan dari Ricky Kambuaya masih bisa diselamatkan penjaga gawang Negeri Singa.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-10, bermula dari aksi solo run Witan Sulaeman, sang pemain memberi operan bola kepada Ezra Walian. 

Tanpa kawalan, Ezra mampu menceploskan bola yang sudah tak terkawal.

Unggul 1-0, Indonesia terus menekan, beberapa peluang matang  didapat pasukan Merah Putih. 

Salah satunya melalui tendangan bebas Ramai Rumakiek di menit ke-37. Namun, tendangan Ramai masih bisa ditangkap sempurna kiper Singapura, Hasan Sunny.

Drama tersaji jelang turun munim, Safuwan Baharuddin, pilar Singapura, harus mendapat kartu merah lantaran terlibat adu dorong jelang tendangan bebas. 

Walaupun bermain dengan 10 pemain, The Lion malah mampu menyamakan kedudukan

Yaitu Song Ui-youn, yang mampu memanfaatkan bola liar di kotak penalit Indonesia yang berawal dari tendangan bebas. Atas gol Song Ui-yong, babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Usai jeda, Timnas Indonesia melakukan beberapa perubahan. Shin Tae-yong memilih untuk menarik keluar Ezra Walian dan memasukan Hanis Sagara pada menit ke-53.

Petaka buat Singapura datang dari menit ke-66, Irfan Fandi yang mendapat kartu merah membuat The Lions harus puas bermain dengan sembilan pemain setelah melanggar Irfan Jaya yang baru saja masuk sebagai pemain pengganti.

Tetapi, meski hanya dengan sembilan pemain, Singapura berbalik unggul 2-1 lewat skema tendangan bebas dari Shahdan Sulaiman pada menit ke-74.

Indonesia yang unggul jumlah pemain terus menekan, akhirnya gol penyama kedudukan datang dari Pratama Arhan di menit ke-87.

Sayang tak lama setelah skor berubah menjadi 2-2, Singapura mendapat hadiah penalti. 

Meski begitu, Nadeo Argawinata mampu tampil luar biasa dengan menghalau bola dari Fariz Ramli. Skor imbang pun bertahan hingga waktu normal berakhir.

Perpanjangan Waktu

Memasuki babak perpanjangan waktu, Timnas Indonesia langsung menekan. 

Berawal dari aksi individu Egy Maulana Vikri, Shawal Anuar gagal menghalau bola dan peluang  mampu dimanfaatkan Irfan Jaya. Indonesia berbalik unggul 3-2.

Indonesia terus menjauh, yakni Egy Maulana Vikri yang mencatatkan namanya di papan skor. 

Yakni, memanfaatkan bola liar dari tendangan bebas Evan Dimas Darmono, Egy mengubah skor menjadi 4-2.

Menjelang bubaran, Hassan Sunny, harus mandi lebih cepat. Hasan membuat Singapura harus bermain dengan delapan pemain usai dirinya dikartu merah setelah menjegal Irfan Jaya.

Sampai dengan peluit panjang dibunyikan skor tidak berubah.  Atas hasil ini, Indonesia berhak melaju ke partai final. 

Di final, Nantinya Timnas Indonesia akan ditantang pemenang dari laga antara semifinal lain, antara Vietnam dan Thailand.

Sama seperti semifinal, laga final Piala AFF 2020 juga akan berlangsung dengan sistem dua leg. Kedua pertandingan juga bakal digelar kembali di Stadion Nasional Singapura.

Jadwal Final Piala AFF 2020 :

  • Leg 1: 29 Desember 2021, pukul 19.30 WIB
  • Leg 2 : 1 Januari 2022, pukul 19.30 WIB

Siaran Langsung Final Piala AFF 2020 Live di RCTI dan iNews.

Timnas Indonesia Kalahkan Singapura, Ini Jadwal Final Piala AFF 2020 1