Sambut 1 Muharam, Warga Tondo Dzikir Bersama

PALU, Infopena.com – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1440 Hijriah, ribuan warga Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, menggelar dzikir dan doa bersama, Senin  (10/09) malam.

Kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama Wanita Islam Alkhairaat (WIA) Kelurahan Tondo, Remaja Islam Masjid (Risma) Rodha, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.

Sebelum doa dan dzikir dimulai, peserta melakukan pawai obor dengan menyusuri jalan Trans Sulawesi sekitar 1 kilometer, mulai dari perumahan Citra Land sampai Lapangan Sepakbola PS. Kelinci Sakti Tondo.

Peserta pawai obor dari berbagai kalangan usia itu bersatu berbaris menggunakan separuh jalan raya, dengan pengawalan pihak kepolisian, sehingga berjalan dengan tertib.

Salah satu penginisiasi yang juga tokoh pemuda setempat, H. Nanang, mengatakan, sebenarnya kegiatan itu merupakan tradisi leluhur yang sempat hilang. Namun berkat keinginan masyarakat sehingga kembali dilaksanakan dan mendapat respon positif. Hal itu terlihat dengan tingginya animo warga yang mengikuti kegiatan.

“Malam ini adalah tahun kedua kalinya kita melaksanakan atau membangkitkan semangat pendahulu kita untuk bermunajat di hadapan Allah SWT. Momentum ini kita manfaatkan juga sebagai pembiasaan kepada generasi kita untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam seperti apa yang telah dilakukan orang tua kita,” terangnya.

Nanang mengatakan, tradisi itu telah menjadi agenda rutin. Dia berharap agar tahun yang akan pesertanya akan lebih banyak lagi.

“Alhamdulillah peserta tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Tetapi harapan kita, tahun depan pesertanya lebih meningkat lagi,” tutupnya. YMN

Komentar

Masih Hangat