oleh

Rapat Paripurna, Bupati Sigi Sampaikan Pengantar Nota Keuangan Perubahan 2021

SIGI – DPRD Sigi gelar rapat parupurna dalam rangka Penjelasan Bupati Sigi dan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sigi tentang APBD perubahan tahun 2021, Jumat (10/9/2021).

Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Moh Rizal Intjenae didampingi Wakil ketua I Rahmat Saleh, dan dihadiri Bupati Sigi Mohamad Irwan.

Turut hadir ketua-ketua fraksi, Tim Ahli DPRD, Asisten III, dan pimpinan OPD terkait. Sementara anggota DPRD lainnya bersama OPD mengikuti rapat secara virtual.

Ketua DPRD Sigi Moh Rizal Intjenae menyampaikan bahwa agenda rapat paripurna penyampaian Pengantar Nota Keuangan Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD Perubahan tahun anggaran 2021 ini sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh badan musyawarah DPRD Sigi.

Sementara Bupati Sigi dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan APBD dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisensi dan akuntabilitas penggunaan anggaran sehingga seluruh proses pelaksanaan roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan optimal.

Bupati berharap, Nota Keuangan dan Raperda tentang perubahan APBD  tahun 2021 yang selanjutnya akan dibahas oleh Banggar DPRD Sigi bersama Tim anggaran Pemda serta OPD Kabupaten Sigi berjalan dengan lancar.

“Sehingga dapat ditetapkan jadi Perda perubahan APBD tahun anggaran 2021 tepat waktu sesuai dengan target yang di harapkan,” ujarnya.

Lebih jauh Bupati jelaskan, untuk mencapai sasaran pembangunan jangka pendek dan jangka menengah, ditahun tahun mendatang kebutuhan belanja daerah kita tentu semakin bertambah besar.

Disisi lain, pengalaman menunjukkan bahwa komposisi anggaran belanja daerah hingga saat ini masih didominasi belanja wajib seperti belanja pegawai, dan sebagian lagi belanja barang dan jasa.

Kondisi ini lanjutnya, menyebabkan dana yang tersedia bagi pelaksanaan berbagai program dan kegiatan pembangunan lainnya yang lebih produktif menjadi sangat terbatas.

BACA JUGA  Sekretariat DPRD Sigi Gelar "Jumat Bersih"

“Untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya berharap kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi agar mengolah anggaran secara lebih tepat sasaran, transparan dan akuntabel,” harap Bupati.

Bupati juga berharap, kita harus mampu meningkatkan dan menggali serta mengembangkan potensi dan sumber sumber pendapatan daerah, khususnya pendapatan asli daerah, sehingga kapasitas fiskal kita dapat mengurangi tingkat ketergantungan pada dana transfer dari pemerintah pusat.

Dari sisi belanja, kita juga harus dapat meningkatkan kwalitas dan produktivitas belanja APBD.

“Anggaran belanja daerah harus digunakan secara efektif, efesien dan berkualitas serta digunakan untuk program dan kegiatan yang benar-benar produktif dan mampu memberikan nilai tambah sebesar-besarnya bagi kesejahteraan rakyat di kabupaten Sigi,” terang Bupati.

Komentar

Masih Hangat