PT Bukit Asam (PTBA) Sumbang 9 Triliun ke Penerimaan Negara pada Semester 1 2022

JAKARTA – Kontribusi PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terhadap penerimaan negara mencapai Rp 9 triliun pada semester I tahun ini. Kontribusi tersebut terdiri dari pajak Rp2,7 triliun dan Penerimaan Negara Bebas Pajak (PNBP) sebesar Rp6,3 triliun.

“PTBA berupaya memberikan kontribusi yang optimal bagi negara. Kami berupaya terus meningkatkan kinerja sebagai tanggung jawab kepada pemegang saham, dalam hal ini pemerintah melalui MIND ID sebagai pemegang saham mayoritas,” ujar Corporate Secretary PTBA Apollonius Andwie, Senin (19/9/2022) di lamsir dari Laman BUMN.

Kontribusi besar PTBA terhadap pendapatan pemerintah ditopang oleh kinerja perusahaan yang semakin positif.

Untuk semester pertama tahun 2022, PTBA mencatatkan laba bersih sebesar Rp6,2 triliun, meningkat 246% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (tahun/tahun) sebesar Rp1,8 triliun.

Peningkatan throughput ini disebabkan oleh pemulihan ekonomi permintaan batubara global dan domestik, serta kenaikan harga batubara yang signifikan.

Total produksi batubara PTBA untuk semester pertama tahun 2022 mencapai 15,9 juta ton, meningkat 20 persen dibandingkan semester 1 2021, yaitu 13,3 juta ton. Sedangkan penjualan batubara PTBA untuk semester I 2022 sebanyak 14,6 juta ton, secarantahunan, tumbuh 13%.

Pencapaian ini juga didukung oleh kinerja operasional perusahaan yang kuat selama Semester I tahun 2022.

Mengedepankan cost leadership di semua area perusahaan, perusahaan menerapkan efisiensi berkelanjutan secara optimal.

Komentar