oleh

PPG 2022 Dibuka, Daftar di pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id, Simak Tata Caranya di Sini

JAKARTA – Pendaftaran dan seleksi administrasi Program Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022 telah dibuka.

“Segera daftar dan lengkapi aplikasi Anda sebelum tanggal 25 Februari 2022”, tulis Ditjen GTK Kemendikbud di unggahan Instagram resminya dikutip Rabu, 16 Februari 2022.

Diketahui, PPG bertujuan untuk menyiapkan Guru-Guru profesional yang memberikan layanan pembelajaran yang berpihak kepada murid, menjadi pembelajar mandiri yang reflektif dan adaptif, dan menjadi pionir perubahan dalam rangka transformasi pendidikan Indonesia.

Berikut ini adalah tata cara mendaftar Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan 2022:

  1. Buka melalui laman http://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ danmasukan akun SIMPKB masing- masing.
  2. Guru membuka situs tersebut untuk melakukan pendaftaran sebagai calon peserta dengan menggunakan akun SIMPKB masing- masing. Guru mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah S-1/D-IV bagi guru yang terkendala dengan akses internet, pendaftaran dapat di bantu oleh kepada sekolah atau dinas pendidikan.
  3. Guru menetapkan bidang studi yang akan diikuti dalam PPG ketentuan penetapan program studi PPG adalah linier dengan program studi/ jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang di miliki.
  4. Guru mengisi nama perguruan tinggi dan progam studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.
  5. LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian berkas dengan syarat-syarat administrasi yang telah di tentukan diantaranya yaitu linieritas antara program studi PPG yang dipilih Dengan program studi/ jurusan pada ijazah S-1/D-IV. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut:
  • ” Disetujui” jika berkas memenuhi syarat dan bidang studi PPG yang di dipilih linier dengan program studi/ jurusan pada ijazah S-1/ D-IV.
    “Tolak (permanen)” jika berkas tidak memenuhi syarat dan atau bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV serta tidak dimungkinkan adanya perbaikan, contoh: guru dengan kualifikasi akademik sarjana hukum tidak linier dengan program studi PPG yang ada.
  • “Tolak (perbaikan)” jika berkas tidak lengkap dan/ atau bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi di mungkinkan adanya perbaikan. Contoh: guru dengan kualifikasi akademik sarjana bahasa Inggris memilih program studi PPG guru kelas SD. Jika guru tersebut ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki program studinya menjadi bahasa Inggris.
PPG 2022 Dibuka, Daftar di pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id, Simak Tata Caranya di Sini 1

Komentar