POCO F6 Meluncur, Para Gamer Perlu Tau Kelebihannya

POCO F6 telah meluncur dengan chip Snapdragon 8s Gen 3. Prosesor bertenaga ini merupakan indikasi jelas bahwa F6 dirancang dengan mempertimbangkan para gamer dan pengguna tingkat lanjut, serta menjanjikan kinerja secepat kilat. Dalam ulasan ini, mengungkap apa yang membedakan perangkat ini dari pendahulunya.

Dengan estetika industrial yang ramping, Poco F6 tersedia dalam dua pilihan warna: Titanium dan Hitam. Bagian belakang polikarbonat ponsel ini memiliki lapisan matte yang tahan sidik jari, dan pengaturan kamera gandanya tersusun rapi dalam formasi segitiga dalam modul melingkar, lengkap dengan ring flash. Meski desain F6 tidak kalah menarik, namun pola berkilau pada varian putih pendahulunya, Poco F5, tetap menyimpan daya tarik tersendiri.

Profil Poco F6 yang ramping, dengan ketebalan hanya 7,8 mm dan berat hanya 179 gram, membuatnya nyaman di genggaman. Lekukan halus pada panel belakang dan rangka hybrid, yang memadukan polikarbonat dan logam, berkontribusi pada desainnya yang ringan namun tahan lama. Meskipun tombol-tombolnya mungkin sedikit lebih lembut saat disentuh dibandingkan biasanya, tombol-tombol tersebut berfungsi dengan lancar, dan sensor sidik jari dalam layar cepat dan akurat.

Poco F6 mengusung desain kokoh, dengan layar datar yang dilindungi Gorilla Glass Victus dan speaker stereo ganda yang menghadirkan kualitas audio mengesankan, ditingkatkan dengan dukungan Dolby Atmos. Meskipun tidak memiliki jack headphone 3,5 mm tradisional, ponsel ini mengimbanginya dengan IR blaster dan port pengisian daya USB Type-C yang nyaman. Selain itu, peringkat IP64-nya memastikan perlindungan terhadap elemen dan percikan yang tidak disengaja.

Di dalam kotak, Anda akan menemukan paket lengkap, termasuk perangkat Poco F6, pengisi daya 120W, kabel USB-C ke USB-C, alat pelepas SIM, casing pelindung, dan serangkaian dokumentasi yang terdiri dari Mulai Cepat Panduan, informasi garansi, dan pedoman keselamatan.

Poco F6 menawarkan tampilan yang lebih unggul dibandingkan pendahulunya, Poco F5, dan berbagi layar yang sama dengan Poco X6 Pro yang baru saja diluncurkan. Layar AMOLED 6,67 inci ini memiliki resolusi 1,5K 2712 x 1220 piksel, rasio aspek 20:9, dan kecepatan refresh 120Hz yang cepat, memastikan pengalaman pengguna yang lancar. Selain itu, ia menawarkan kecepatan pengambilan sampel sentuh 480Hz, menjadikannya ideal untuk bermain game dan menavigasi antarmuka pengguna.

Dengan kecerahan puncak 2400 nits, layar Poco F6 sempurna untuk penggunaan di luar ruangan dan konten HDR. Mendukung HDR 10+ dan Dolby Vision, memberikan pengalaman menonton yang lebih baik di platform seperti YouTube, Amazon Prime Video, dan Netflix. Layarnya juga dilengkapi teknologi peredupan frekuensi tinggi 1920Hz, yang menyesuaikan dengan lingkungan gelap untuk menjaga akurasi warna dan memberikan pengalaman menonton yang nyaman.

Poco F6 menawarkan kepada pengguna tiga mode saturasi warna untuk dipilih: Original Color Pro, Vivid, dan Saturated. Mode ini masing-masing memungkinkan reproduksi warna yang realistis, penyesuaian warna berbasis konten, dan peningkatan warna. Selanjutnya, pengguna dapat menyempurnakan pengaturan tampilan mereka dengan menyesuaikan suhu warna, gamut warna, ruang warna RGB, ruang warna HSV, kontras, dan gamma.

Desain panel datar ponsel ini merupakan keuntungan yang signifikan bagi para gamer, karena menghilangkan masalah ghost touch yang umumnya dikaitkan dengan layar melengkung. Selain itu, speaker stereo Poco F6 menghadirkan audio yang nyaring dan jernih, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi para penggemar media. Secara keseluruhan, fitur tampilan dan audio Poco F6 yang canggih menjadikannya pilihan utama bagi para gamer dan mereka yang senang mengonsumsi media di ponsel cerdas mereka.

Poco F6 menonjol sebagai smartphone andalan yang hemat anggaran, dengan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 yang mutakhir – sebuah fitur yang saat ini unik untuk perangkat ini di pasaran.

Performa ponsel ini semakin ditingkatkan dengan RAM LPDDR5x dan kemampuan penyimpanan UFS 4.0. Baterai berkapasitas besar 5.000mAh menyediakan daya sepanjang hari, dan ketika tiba waktunya untuk mengisi ulang, pengisi daya cepat 120W yang disertakan dapat mengisi baterai dalam waktu sekitar 45 menit. Khususnya, pengisi daya ini mendukung protokol USB-PD, sehingga kompatibel dengan ponsel dan laptop lain.

Dalam penggunaan sehari-hari, F6 terbukti menjadi perangkat yang mulus dan responsif, dengan mudah menangani game-game berat seperti Genshin Impact, Shadow Fight 4, dan Real Racing 3. Gamer akan menghargai preset grafis “Ultra HDR” dan kemampuan framerate “Ultra”, khususnya dalam game seperti BGMI. Meskipun perangkat menjadi hangat selama sesi permainan yang intens, hal ini tampaknya tidak perlu dikhawatirkan. Teknologi LiquidCool 4.0 membantu menghilangkan panas, memastikan pengalaman bermain game yang lancar.

Sistem operasi HyperOS memberikan pengalaman pengguna yang lancar, meskipun sistem ini dilengkapi dengan beberapa aplikasi dan permainan pra-instal yang mungkin tidak penting. Sisi baiknya, ponsel ini berjalan pada Android 14 dan dijanjikan akan menerima tiga peningkatan OS dan pembaruan keamanan selama empat tahun. Poco F6 juga dilengkapi serangkaian fitur berbasis AI, termasuk Wildboost 3.0, yang mengoptimalkan kinerja gaming dengan mengurangi lag dan meningkatkan grafis. Selain itu, peningkatan jaringan dan konektivitas yang didukung AI meningkatkan kinerja jaringan, sementara peredam bising AI bawaan memastikan panggilan, rekaman, dan pemutaran media lebih jelas.

Poco F6 menawarkan serangkaian fitur inovatif bertenaga AI, termasuk AI Eraser Pro, yang secara ahli mendeteksi dan menghapus objek yang tidak diinginkan dari gambar, secara mulus mengisi celah dengan detail latar belakang yang serasi. Selain itu, AI Bokeh menambahkan kesan profesional pada fotografi potret wajah, menciptakan keburaman latar belakang menakjubkan yang menonjolkan subjek.

Dari segi hardware kamera, Poco F6 dibekali sensor utama Sony IMX882 50 megapiksel berkualitas tinggi, ditemani lensa ultra lebar 8 megapiksel di bagian belakang. Khususnya, merek ini memilih untuk mengecualikan kamera makro 2 megapiksel yang mengecewakan.

Aplikasi kamera default menawarkan berbagai mode fotografi, termasuk Pro, Malam, 50MP, Video Pendek, Panorama, VLOG, Gerakan lambat, Selang waktu, Video ganda, tanda air AI, Eksposur panjang, dan Pro. Secara default, kamera utama mengambil gambar 12 megapiksel, yang memberikan hasil mengesankan dalam kondisi pencahayaan yang baik. Rentang dinamis kamera patut diperhatikan, dan reproduksi warna sangat alami. Meskipun kamera utama mendukung zoom in-sensor hingga 2x, batasan penting adalah tidak adanya opsi zoom dalam mode potret. Fotografi cahaya rendah juga patut dipuji, meskipun perbedaan antara pemotretan mode biasa dan malam sering kali dapat diabaikan. Namun, mode malam membantu mengurangi pendarahan ringan dan menambah kejernihan pada area yang lebih gelap.

Bidikan sudut ultra lebar memberikan detail yang cukup, meskipun warna tampak sedikit redup. Kamera depan 20 megapiksel bekerja dengan baik dalam pencahayaan yang baik, menghasilkan warna kulit yang wajar. Mode potret juga berfungsi secara efektif, namun kualitas gambar menurun dalam skenario cahaya redup.

Dari segi kemampuan merekam video, kamera utama Poco F6 mampu menangkap hingga resolusi 4K pada 60fps. Namun, dukungan stabilisasi gambar optik (OIS) terbatas pada video FHD+ hingga 30fps. Secara keseluruhan, performa kamera perangkat ini solid, meski tidak luar biasa, karena fokus utamanya adalah bermain game.

Poco F6 juga menawarkan beberapa fitur praktis, termasuk fungsi NFC dan IR blaster. Sensor sidik jari beroperasi seperti yang diharapkan, memberikan otentikasi biometrik yang andal.

POCO F6 baru tersedia di India. Di Indonesia sendiri tanggal peluncuran POCO F6 masih menjadi misteri karena POCO Indonesia belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai hal tersebut. Namun berbagai bocoran menyebutkan bahwa perangkat tersebut memang dijadwalkan rilis di pasar Indonesia.

Untuk pasar India, POCO F6 tersedia dalam dua konfigurasi penyimpanan, dengan harga bervariasi. Model 8GB/256GB dijual dengan harga $379, atau $339 untuk pelanggan early bird, yang berarti masing-masing Rp5.496.500 dan Rp4.921.500. Sementara itu, 12GB Varian /512GB dibanderol dengan harga $429, atau $379 untuk pengguna awal, masing-masing setara dengan Rp 6.210.500 dan Rp 5.496.500.”

Masih Hangat