Platform Indosarang Viral dan Dianggap Rasis Kok Bisa?

Baru-baru ini, platform online Indosarang menjadi sorotan karena beredarnya tangkapan layar percakapan yang berisi ujaran kebencian dan rasisme oleh beberapa warga Korea Selatan yang tinggal di Indonesia. Percakapan tersebut terjadi di forum online Indosarang, yang merupakan komunitas daring bagi para pekerja Korea Selatan di Indonesia.

Dalam tangkapan layar tersebut, terlihat beberapa pengguna melontarkan kata-kata kasar dan merendahkan orang Indonesia, seperti:

  • “Kulitnya hitam, paling jelek di Asia Tenggara dan punya obsesi.”
  • “Mereka tolol dan tidak tahu apa-apa.”
  • “Negara ini kotor dan penuh dengan penipu.”

Ujaran kebencian ini memicu kecaman keras dari masyarakat Indonesia di media sosial. Banyak yang mengecam sikap rasis tersebut dan menyerukan agar platform Indosarang mengambil tindakan tegas.

Indosarang sendiri telah menanggapi dengan mengeluarkan pernyataan resmi yang mengutuk rasisme dan meminta maaf atas kejadian tersebut. Platform ini juga menyatakan bahwa mereka akan menindak tegas pengguna yang menyebarkan ujaran kebencian.

Kasus ini menjadi pengingat bahwa rasisme masih menjadi masalah yang serius, bahkan di era digital. Penting bagi kita untuk terus melawan segala bentuk diskriminasi dan ujaran kebencian, baik di dunia nyata maupun di dunia online.

Kasus ini juga mengangkat isu tentang bagaimana platform online dapat digunakan untuk menyebarkan ujaran kebencian. Platform online seperti Indosarang memiliki tanggung jawab untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif bagi semua penggunanya. Platform ini harus memiliki kebijakan yang jelas tentang ujaran kebencian dan menindak tegas pengguna yang melanggar kebijakan tersebut.

Penting bagi kita untuk terus mendorong platform online untuk mengambil tindakan yang lebih proaktif dalam memerangi rasisme dan ujaran kebencian. Kita juga harus saling mengingatkan untuk selalu menghormati satu sama lain, terlepas dari ras, suku, agama, atau kebangsaan.

Untuk diketahui, Indosarang adalah sebuah platform online yang berfungsi sebagai komunitas bagi orang Korea Selatan yang tinggal di Indonesia, atau orang Korea yang memiliki ketertarikan pada Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai fitur, seperti:

  • Forum diskusi: Pengguna dapat bertukar informasi, berdiskusi tentang berbagai topik, dan saling membantu dalam kehidupan di Indonesia.
  • Artikel dan berita: Indosarang menyediakan artikel dan berita tentang Indonesia, baik dalam bahasa Korea maupun bahasa Indonesia.
  • Informasi tentang Indonesia: Pengguna dapat menemukan berbagai informasi tentang Indonesia, seperti budaya, pariwisata, pendidikan, dan pekerjaan.
  • Acara dan pertemuan: Indosarang sering mengadakan acara dan pertemuan offline bagi para anggotanya untuk saling bersosialisasi dan membangun koneksi.

Berikut adalah beberapa poin penting tentang Indosarang:

  • Tujuan: Menjadi platform komunitas bagi orang Korea Selatan di Indonesia dan orang Korea yang tertarik dengan Indonesia.
  • Fitur: Forum diskusi, artikel dan berita, informasi tentang Indonesia, acara dan pertemuan.
  • Kontroversi: Ujaran kebencian dan rasisme yang beredar di forum online.
  • Pentingnya: Meningkatkan kesadaran tentang rasisme dan mendorong platform online untuk menciptakan ruang yang aman dan inklusif.