oleh

Pilpres AS: Joe Biden Makin Unggul dari Donald Trump

JAKARTA – Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) telah resmi digelar pada Selasa (3/11/2020) waktu setempat (EST), atau Rabu (4/11/2020) pagi Waktu Indonesia Barat. Dua kandidat yang bertarung yaitu Donald Trump sebagai petahana dari Partai Republik dan Joe Biden sebagai rival dari Partai Demokrat.

Dikutip dari The Associated Press (AP), hasil perhitungan akhir pada hari Kamis (05/11) pukul 10.30 WIB, menunjukkan Biden unggul dengan 264 suara elektoral dengan total jumlah suara menembus 72.011.199. Sedangkan Trump mengantongi 214 suara elektoral dengan total jumlah suara 68.568.888.

Jumlah suara elektoral yang diraih Joe Biden hampir mendekati kemenangan yang ditetapkan. Itu berarti, Biden hanya membutuhkan enam suara elektoral lagi untuk menjadi Presiden AS.

Hingga saat ini, masih ada lima negara bagian yang masih belum menyelesaikan perhitungan suara, salah satunya adalah negara bagian kunci Pennsylvania.

Biden maupun Trump harus bisa meraih 270 suara elektoral dari total 538 suara elektoral agar bisa memenangkan pemilu. Namun dengan pilpres AS menerapkan sistem electoral college atau sistem keterwakilan, perolehan suara elektoral menjadi penentu yang dibutuhkan untuk memenangkan kursi kepresidenan. [Nisa Diniah]

Komentar

Masih Hangat