Perbedaan Kompor Listrik dan Kompor Gas, Hemat Mana?

Kompor listrik adalah alat memasak terbaru yang dapat Anda temukan di banyak rumah. Kompor Listrik adalah pilihan yang baik karena mereka menggunakan lebih sedikit biaya daripada kompor gas.

Apalagi, sekarang ini ada wacana Pemerintah akan mengkonversi kompor gas elpiji 3kg ke kompor listrik. Namun wacana itu disebut masih dalam tahap uji coba oleh PLN.

Nah dibawah ini beberapa perbedaan kompor listrik dan kompor gas serta kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbedaan Kompor Listrik dan Kompor Gas

Salah satu perbedaan paling signifikan antara kompor gas dan listrik adalah bahan bakar yang mereka butuhkan. Kompor gas menggunakan gas alam sedangkan kompor listrik cukup dengan listrik. Kompor gas memasak makanan pada suhu yang lebih rendah. Sedangkan kompor listrik bisa mencapai suhu yang lebih tinggi, tergantung pada preferensi Anda.

Untuk biaya juga sangat berbeda. Kompor listrik lebih hemat dari kompor gas. Hal itu berdasarkan penggunaan listrik yang lebih irit dalam pemakaian perbulannya dibandingkan dengan membeli LPG baru dengan penggunaan waktu yang sama.

Untuk harga kompornya bisa dibilang sama. Kompor listrik baru ada yang mahal dan ada yang murah. Demikian pula dengan kompor gas. Semua tergantung spesifikasi masing-masing.

Keuntungan kompor listrik dibandingkan kompor gas adalah kita dapat mengontrol suhu dengan lebih baik. Namun, kekurangan kompor listrik ini harus dicolokkan setiap saat di tempat yang ada aliran listriknya.

Tips Melilih Kompor Listrik

Memilih jenis kompor listrik yang tepat untuk rumah Anda adalah keputusan penting. Ini beberapa tips tentang cara menemukan kompor listrik terbaik untuk kebutuhan Anda.

  1. Sebelum membeli, siapkan dulu tempat kompor listrik dengan luas yang diinginkan.
  2. Pilih kompor listrik yang dapat digunakan sebagai oven konveksi dan kompor secara bersamaan.
  3. Jangan lupakan fitur keselamatan.
  4. Cari testimoni pelanggan yang baik tentang produk sebelum Anda membelinya. Hal ini untuk menghindari kekecewaan dikemudian hari!

Untuk diketahui, bahwa setelah membeli kompor listrik, penting untuk merawatnya dengan baik dengan membersihkannya secara teratur dan secara berkala memeriksa sambungan pipa gas, serta oven dan semua bagiannya.

Komentar