oleh

Pengamanan Event WSBK Mandalika Ditambah Jadi 3.000 Personil

JAKARTA – Event internasional World Superbike Championship (WSBK) dan Asia Talent Cup di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan digelar dalam hitungan hari. Untuk pengamanan, personel gabungan TNI-Polri dikerahkan mencapai 3.000 personel.

“Setidaknya minimal tiga ribu personel, karena kita terus melakukan updating tentang manajemen pengamanan ini. Tapi personel gabungan TNI-Polri minimal tiga ribu,” kata Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal, Kamis, 11 November 2021.

Hal itu disampaikan Iqbal saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyaksikan simulasi pengamanan WSBK dan Asia Talent Cup di Sirkuit Mandalika pada Rabu,10 November 2021. Penambahan personel dilakukan, demi memberikan rasa aman sekaligus upaya sebagai pencegahan dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Iqbal menyebut 3.000 personel gabungan TNI-Polri akan berjaga di ratusan area di NTB. Dia menjelaskan, aparat keamanan tersebar dari perbukitan hingga jalan-jalan terowongan di NTB.

“Tentang titik-titik tersebut dan floating-floating tersebut hampir ratusan kita lakukan, bahkan di perbukitan, di terowongan, dan lain-lain,” ujar Iqbal.

Selain pengamanan pola terbuka, Iqbal memastikan pengamanan pola tertutup sudah dipersiapkan dengan matang oleh Polda NTB dan Korem 162/Wira Bhakti. “Dan kita tidak bisa buka (strategi pengamanan) semuanya ke ranah publik,” sambung dia.

Iqbal menyebut pihaknya dan Korem 162/Wira Bhakti serta Pemprov NTB telah menyiapkan strategi pengamanan secara detail, komprehensif, sinkron, dan kolaboratif. Semisal screening berlapis bagi penonton yang akan hadir di Sirkuit Mandalika.

Komentar

Masih Hangat