Peduli Lingkungan, Lima Sekolah di Sigi Dapat “Adiwiyata” Dari Pemkab

SIGI – Memiliki kepedulian pada lingkungan lima sekolah di Kabupaten Sigi mendapat penghargaan Adiwiyata dari Pemerintah Daerah setempat. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bupati Sigi Mohammad Irwan bersama Wakilnya Paulina, di Kantor Bupati Sigi, Desa Bora, Kecamatan Sigibiromaru, Selasa (16/01/18).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi Afid Lamakarate yang di konfirmasi usai kegiatan mengatakan, pemberian penghargaan ini yakni untuk memotivasi sekolah, agar selalu menjaga lingkungannya maupun penghijauan yang berkaitan dengan program Pemkab Sigi.

“Hal ini juga diharapkan dapat menumbuhkan perilaku cinta siswa pada lingkungannya sejak dini. Dengan demikian, kesadaran yang dilakukan di sekolah tersebut akan terus terbawa hingga di lingkungan rumahnya maupun ditempat lain”, terang Afid.

Menurutnya, program Adiwiyata tingkat Kabupaten Sigi ini sudah menjadi agenda bagi DLH Sigi, untuk menjadi penilaian bagi sekolah yang menanamkan kesadaran bersih pada lingkungannya.

Kata Afid, beberapa indikator dalam pemberian Adiwiyata tingkat sekolah ini diantaranya, pengelolaan sampah yang baik, penghijauan serta adanya program lingkungan dalam kurikulim di sekolah tersebut.

“Ada 5 sekolah yang mendapat penghargaan yaitu, SMA Negeri 6 Palolo, SMA Negeri 3 Tabambulava, SMP Negeri 1 Biromaru, SMP Negeri 15 Pesaku dan SD Inpres Kotapulu. Sekolah ini akan mengikuti lomba Adiwiyata tingkat Provinsi Sulteng”, ungkapnya.

Afid juga menjelaskan, penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Sigi ini merupakan program nasional yang terus digalakan, untuk menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa agar selalu cinta pada lingkungannya. ST

 

Komentar