Pasangkayu dan Kota Pasangkayu ke Masa Depan

PASANGKAYU, Infopena.com – Tidak bisa dipungkiri, laju pembangunan Kota Pasangkayu, cukup memikat dan menyita perhatian.

Ibu kota Kabupaten Pasangkayu (dulu, Mamuju Utara, red.) telah hadir sebagai ikon baru di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dengan desain pantai yang menarik, diberi nama Pantai Vova Sanggayu dan Pasangkayu Beach.

Selain menjadi ruang publik dengan fasilitas olah raga kebugaran, Pantai Vova Sanggayu juga menjadi ruang interaksi dan belanja pengananan ringan dansoft drik.

Sebelum revitalisasi Pantai Pasanggayu dengan legenda sepasang kayu – Vova Sanggayu-nya. Pemerintah daerah Kabupaten Pasangkayu telah membangun Bundaran Smart dengan air mancur dengan air mancur dan pilar bermotif kain dari 14 suku bangsa yang mendiami dan memperkuat daerah penghasil Elais Guinensiss Jacq  ini.

Selain “percantik” Kota Pasangkayu yang jadi simpul utama Kabupaten Pasangkayu, kepemimpinan Ir. H. Agus Ambo Djiwa, MP – Drs. Muhammad Saal dengan garis besar haluan pembangunan “Nawa Jiwa” membangun pula desa dengan peningkatan infrastruktur jalan, jembatan serta membangun sejumlah piranti penopang ekonomi rakyat di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

Ini tentunya akan bermuara meningkatnya perekonomian dan kemakmuran secara merata.

Menurut Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Pasangkayu, Arhamuddin, dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) hingga tahun 2026 nanti, dalam strategi perencanaan pembangunan daerah, kemandirian dan kemapanan daerah akan tercapai.

Apalagi dalam membangun perdesaan, desa-desa telah ditopang oleng anggaran yang menadai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan   Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Untuk mendorong pembangunan di pedesaan, kami di pemerintah kabupaten berikan stimulasi yang seluas-luasnya demi kemkemajuan desa. Karena itu kita juga formulasikan desa-desa swadaya dan desa kewirausahaan,” tandas Arham.

Arhamuddin yakin, apabila apa yang tertuang dalam RPJP terealiasi secara berjenjang berdasarkan skala prioritas, Kabupaten Pasangkayu di masa datang akan menjadi daerah yang maju setara dengan daerah lainnya yang  telah mapan mandiri.

Karena itu peran serta dan keaktifan masyarakat dari berbagai kalangan dan profesi diharapkan dalam manata dan memajukan daerah yang dicintai ini. Ardi/LS
[related-content]

Komentar