oleh

Pandemi Corona, Kadis PPKBP3A Pasangkayu Ini Manfaatkan Waktu dengan Berkebun

PASANGKAYU – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Pengendalian Penduduk Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Pasangkayu, Arhamuddin melakukan aktivitas ‘Di Rumah Aja’ sambil berkebun.

Hal ini dilakukan Arhamuddin dalam rangka mengurangi aktivitas di luar rumah, sebagaimana imbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

“Saya mengajak keluarga saya untuk berkebun di pekarangan rumah guna mengisi waktu luang selama di rumah aja. Selain mengurangi kejenuhan, hasil bercocoktanam di pekarangan rumah juga bisa bermanfaat nantinya,” ungkap Arham, Minggu (19/4/2020).

Menurutnya, selama pandemi virus corona atau Covid-19 masih berlangsung, warga Pasangkayu dianjurkan untuk ‘di rumah aja’ guna memutus rantai penularannya.

Sehingga berkebun di pekarangan rumah dianggapnya bisa menjadi alternatif pula bagi warga untuk mengisi waktu kosong.

“Warga tidak perlu harus punya lahan yang luas untuk melakukan ini. Cukup memanfaatkan sudut-sudut di halaman rumah sudah memungkinkan untuk berkebun,” tandasnya.

Ia pun mengajak warga Pasangkayu untuk berupaya tetap produktif meski tinggal di rumah, salah satunya dengan berkebun di pekarangan rumah. Katanya jika wabah Covid-19 berlangsung lama, maka dampak sosial ekonomi akan semakin berat dirasakan masyarakat.

Olehnya, perlu adanya pergerakan dan produktivitas meskipun harus dilakukan di rumah.

“Anggaplah kita menanam kangkung atau bayam di pekarangan rumah, bisa jadi saat pertengahan puasa nanti sudah bisa dipanen dan itu sangat bermanfaat untuk dikonsumsi serta bagus untuk kesehatan karena menambah daya tahan tubuh untuk melawan corona,” tuturnya.

Arham pun menambahkan, edukasi pemanfaatan pekarangan rumah ini juga akan disosialisasikan ke masyarakat dengan berkunjung ke desa-desa bersama Kader Penyuluh KB yang ada di Desa.

“Dengan tetap menjaga jarak, kita akan datangi warga di desa, mengajak mereka untuk bergerak bersama melawan virus corona dengan pemanfaatan pekarangan rumah,” tutupnya. (Ardi)

Komentar

Masih Hangat