oleh

Mengenal Diseksi Aorta Penyebab Kentaro Miura Meninggal

JAKARTA – Kentaro Miura adalah seorang penulis manga Berserk yang di umumkan meninggal dunia.

Ia meminggal dunia pada 6 Mei lalu diusianya yang ke 54 tahun. Namun kabar itu baru resmi diumumkan pada Kamis, 20 Mei 2021.

Berdasarkan pengumuman di Akun Media Sosial resmi Manga Berserk penyebab meninggalnya Kentaro Miura akibat Diseksi Aorta Akut yang dideritanya.

Mengutip Alodokter, Diseksi Aorta adalah kondisi serius berupa robeknya lapisan dalam pembuluh darah aorta. Hal ini membuat darah bisa mengalir ke dalam robekan dan membentuk bendungan darah yang memisahkan lapisan dalam dan lapisan tengah dinding aorta.

Jika mengalami kondisi sprti ini wajib diwaspadai, terutama pada orang lanjut usia (lansia) yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Bila tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini bisa memicu sejumlah komplikasi yang berbahaya.

Aorta sendiri adalah pembuluh darah arteri besar berdinding tebal yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Jadi, aliran darah yang melewati aorta sangatlah cepat. Jika terjadi diseksi, dinding yang menahan aliran darah ini menjadi semakin tipis dan rentan pecah.

Secara lokasi, aorta terbagi menjadi 3 bagian. Yang pertama adalah aorta yang menerima darah langsung dari jantung. Darah kemudian diteruskan ke bawah, yaitu aorta yang terletak di dada dan di perut.

Gejala dan Faktor Penyebab Diseksi Aorta

Gejala diseksi aorta sering sulit dikenali karena mirip dengan gangguan jantung yang lain. Pada banyak kasus, umumnya gejala dimulai dengan nyeri dada yang parah secara tiba-tiba, lalu disertai dengan gejala lain berupa:

  • Sesak napas
  • Kesulitan berbicara
  • Merasa gelisah atau linglung
  • Keringat dingin
  • Hilang kesadaran
  • Denyut nadi lebih lemah pada satu sisi tangan
  • Kelemahan anggota badan satu sisi tubuh, seperti pada stroke

Hingga kini, penyebab utama terjadinya diseksi aorta ini belum diketahui secara pasti.

Hipertensi diduga menjadi salah satu faktor risiko terjadinya diseksi aorta, terutama jika hipertensi ini dialami oleh orang-orang berusia antara 60–70 tahun.

Untuk diketahui, Karya terkenal Miura, Berserk, mulai menjadi serial pada 1989. Manga dark fantasy tersebut terinspirasi cerita dari abad pertengahan yang brutal.

Berserk termasuk manga legendaris dan memiliki banyak pengaruh pada karya budaya populer lainnya. Video gim seperti Dark Souls, Bloodborne, dan Final Fantasy hingga Demon Slayer, Castlevania, dan Vagabond diyakini dipengaruhi karya Miura itu.

Pengakuan pada Miura salah satunya diwujudkan melalui penghargaan Tezuka Osamu Cultural Prize pada 2002.

Kentaro Miura sendiri mulai menggambar pada usia 10 tahun. Ia kala itu menciptakan manga untuk teman sekelasnya, namun kemudian berkembang menjadi cita-citanya.

Setelah lulus sekolah, ia yang masih berusia 18 tahun memilih bekerja sebagai asisten George Morikawa, kreator manga tinju Hajime No Ippo.

Hingga Mei 2021, Berserk tercatat telah terjual lebih dari 50 juta kopi, termasuk dalam bentuk digital. Capaian itu membuat manga ini menjadi salah satu seri manga terlaris sepanjang tahun.

Sumber: CNN Indonesia/Alodokter

loading...

Komentar