7 Makanan untuk Penderita Kolesterol Rendah

Beberapa jenis Kolesterol penting untuk kesehatan. Badan Anda memerlukan Kolesterol untuk lakukan beragam hal seperti menghasilkan hormon dan membuat sel. Untuk meningkatkan Kolesterol dalam batasan normal dibutuhkan makanan untuk pasien Kolesterol rendah.

Kekurangan kolesterol atau Kolesterol rendah bisa mengakibatkan hipokolesterolmia. Keadaan ini jadi pertanda dari permasalahan kesehatan lain. Hipokolesterolmia salah satunya pemicunya ialah malnutrisi atau kurang cukup konsumsi makanan sehat.

Kolesterol bergerak lewat darah pada protein yang disebutkan lipoprotein. Ada dua tipe lipoprotein yakni low densitas lipoprotein (LDL) dan High-density lipoprotein (HDL). Kolesterol keseluruhan kurang dari 120 mg/dL mengisyaratkan benar-benar rendah.

Anda harus konsumsi makanan untuk penuhi keperluan Kolesterol ‘baik’ atau HDL yang sanggup hilangkan LDL pada darah Anda. Berikut makanan untuk pasien kolesterol rendah yang dirankum media ini dari berbagai sumber:

1. Telur

Asupan dari telur dan produk telur bisa menyumbangkan 25 % dari keseluruhan konsumsi Kolesterol harian. Beberapa periset mereferensikan jika makanan yang kaya Kolesterol seperti telur harus dimakan dengan jumlah yang pas hingga bisa menolong Kolesterol baik dan bisa menghindar naiknya Kolesterol atau Kolesterol tinggi.

Lipoprotein yang terkandung dalam telur terhitung LDL dan HDL. Telur memiliki kandungan beberapa elemen lipid aktif seperti asam lemak tidak jemu, fosfolipid, kolin dan karotenoid. Fosfolipid mainkan peran penting pada Kolesterol dan peranan HDL.

Telur mengandung banyak protein fundamental, folat, vitamin, mineral dan senyawa bioaktif. Telur rebus memiliki ukuran sedang memiliki kandungan lemak keseluruhan 5,3 gr. Jumlah itu terbagi dalam 1,6 gr lemak jemu, 2 gr lemak tidak jemu tunggal, 0,7 g lemak tidak jemu double dan 186 miligram kolesterol.

Untuk zat nutrisi mikro, telur memiliki kandungan vitamin B12, A, D, E, dan K. Disarankan untuk konsumsi telur seperlunya yakni sekitaran 200 mg sampai 300 mg sehari. Tidak disarankan melewati 300 mg karena akan tingkatkan Kolesterol LDL.

BACA JUGA  5 Buah Ini Baik Turunkan Kandungan Kolesterol, Buat Tubuh Sehat

2. Whole grain

Whole grain atau biji-bijian utuh berpotensi untuk meningkatkan HDL. Tetapi beberapa riset memperlihatkan jika diet whole grain sedikit punya pengaruh secara berarti pada Kolesterol HDL atau trigliserida. Tetapi konsumsi gandum utuh bisa turunkan Kolesterol LDL.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak mengandung omega 3. Omega-3 berperanan untuk tingkatkan HDL dan bisa menolong tingkatkan transportasi Kolesterol kesemua badan. Ini bisa menolong membuat perlindungan jantung Anda dari pembekuan darah dan infeksi dan resiko penyakit serangan jantung.

Beberapa ikan seperti makarel, ikan kembung dan salmon bisa Anda konsumsi untuk mendapat omega 3. Makan ikan berlemak 2x satu minggu bisa menolong menaikkan kandungan Kolesterol HDL. Masih tetap disarankan untuk konsumsi ikan sesuai keperluan kalori harian.

4. Alpukat

Alpukat kaya nutrisi dan lemak tidak jemu tunggal. Lemak tidak jemu tunggal atau monosaturated lipid bisa tingkatkan Kolesterol HDL dan biasanya tingkatkan kesehatan jantung. Alpukat memiliki kandungan banyak mineral dan vitamin dan bebas Kolesterol LDL. Alpukat kaya serat khususnya serat terlarut yang tingkatkan kedisiplinan yang menolong atur pemakaian gula oleh badan dan menurunkan kandungan Kolesterol darah.

Makan alpukat sebuah sehari dengan ikuti tutorial diet dihubungkan dengan pengurangan 13,5 mg/dL kandungan Kolesterol jahat atau LDL. Seharusnya tidak mengkonsumsi kebanyakan alpukat. Dalam 1 biji alpukat mempunyai 235 Kal hingga samakan dengan keperluan kalori harian Anda.

Minyak Zaitun ekstra virgin oil tingkatkan distribusi dan formasi HDL dan metabolisme dan anti-oksidan. Riset memperlihatkan jika minyak zaitun ekstra virgin bisa tingkatkan HDL dan banyak memiliki polifenol dibanding minyak zaitun olahan. Kandungan fenolik bisa memberi manfaat untuk kadar lipid plasma dan menahan kerusakan oksidatif.

BACA JUGA  Benarkah Telur Mengakibatkan Kolesterol? Ini Faktanya!

Mengonsumsi 50 mili minyak zaitun ekstra virgin tiap hari sepanjang 6 minggu bisa tingkatkan kandungan HDL. Selainnya tingkatkan kandungan HDL minyak zaitun tingkatkan peranan anti inflamasi dan anti oksidan yang bisa jaga dari radikal bebas.

6. Makanan Kaya Antioksidan

Dalam sebuah riset memperlihatkan jika diet kaya antioksidan dan tingkatkan kandungan Kolesterol baik atau HDL terutamanya yang terkait dengan trigliserida. Makanan yang kaya antioksidan dan bagus untuk kenaikan HDL ialah kacang-kacangan, coklat hitam, buah berry, buah bit, kubis ungu, anggur merah. Disamping itu sayur seperti kangkung, bayam, tomat, paprika merah dan buah-buahan dan sayur warna yang lain bisa tingkatkan HDL.

7. Makanan Kaya Niacin

Makanan yang kaya niasin atau vitamin B3 dengan jumlah yang pas bisa tingkatkan kandungan HDL. Disamping itu dapat turunkan jumlah kolesterol LDL. Tetapi tidak disarankan untuk konsumsi kebanyakan atau melewati keperluan. Niasin banyak ditemukan dengan jumlah yang tinggi pada jamur, dada ayam, ikan halibut, tomat, elada romaine, dan sereal. Disamping itu diketemukan pada susu telur, nasi, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

Mengonsumsi makanan untuk pasien kolesterol rendah bisa tingkatkan HDL. Selainnya konsumsi makanan yang bisa kembalikan jumlah Kolesterol ke tingkat normal, Anda harus juga jaga pola hidup yang sehat.

Komentar