Kenali Delirium, Temuan Gejala Baru COVID-19 yang Patut Diwaspadai

Bagikan Artikel Ini

JAKARTA – Demam, batuk kering dan sesak napas menjadi gejala yang paling umum dialami pasien COVID-19. Namun saat ini COVID-19 memberikan efek yang berbeda-beda di setiap orang. Sejumlah pasien positif bisa pulih dengan cepat, namun ada pula yang mengalami kondisi parah.

Belakangan ini banyak dibicarakan salah satu gejala baru pada pasien COVID-19 yakni Delirium. Dilansir Eurekalert, hasil riset terbaru pada November lalu menemukan bahwa Delirium menjadi salah satu gejala awal infeksi baru COVID-19.

Kesimpulan tersebut adalah hasil penelitian ilmiah para peneliti dari Universitat Oberta de Catalunya (UOC), Spanyol yang diterbitkan di Journal of Clinical Immunology and Immunotherapy.

“Delirium adalah keadaan kebingungan di mana orang tersebut merasa tidak berhubungan dengan kenyataan, seolah-olah mereka sedang bermimpi,” kata Javier Correa, peneliti UOC, dikutip dari Eurekalert.

Kondisi ini adalah gangguan mental yang cukup serius karena adanya gangguan atau perubahan fungsi otak yang kadang terjadi bersamaan dengan penyakit fisik.

“Kita perlu waspada, karena orang yang menunjukkan tanda kebingungan, bisa saja terindikasi adanya infeksi (COVID-19),” tutur Correa.

Para peneliti UOC mengungkapkan bahwa sejumlah pasien COVID-19 mengalami Delirium saat mereka kehilangan indera perasa atau penciuman dan timbul sakit kepala selama beberapa hari sebelum gejala lebih berat muncul yaitu batuk dan kesulitan bernapas.

Delirium kini menjadi salah satu gejala baru COVID-19 yang umumnya dialami oleh orang lanjut usia (lansia). Lebih spesifik, kondisi ini muncul pada lansia dengan penyakit parah dan membutuhkan ventilator untuk bernapas. Delirium mempengaruhi kemampuan berkonsentrasi, berpikir, mengingat, dan pola tidur seseorang.

Berikut ini beberapa gejala seseorang menderita Delirium, dilansir dari Healthline:

  1. Sulit fokus dan mudah teralihkan
  2. Suka melamun dan lamban bereaksi
  3. Daya ingat menurun
  4. Kesulitan berbicara
  5. Berhalusinasi
  6. Mudah tersinggung dan mood berubah mendadak
  7. Sering gelisah
  8. Kebiasaan tidur berubah

Demikian informasi tentang Delirium yang kini menjadi salah satu gejala penderita COVID-19, khususnya pada lansia. Tetap jaga kesehatan dan selalu #ingatpesanibu dengan melakukan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak demi mencegah sekaligus memutus rantai penularan COVID-19. ***

loading...

Bagikan Artikel Ini

Komentar

Masih Hangat