Inilah Beberapa Istilah yang Sering Digunakan di Dunia Asuransi

Ketika Anda mendaftar asuransi tentu akan mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah premi, apa itu premi? 

Mungkin bagi sebagian orang yang belum paham dan baru pertama kali akan mendaftar asuransi masih asing mendengarnya, jadi Anda perlu mengetahui apa saja istilah-istilah yang ada dalam dunia asuransi agar tidak salah dalam memilih program asuransi. Anda tidak perlu khawatir jika masih belum begitu mengenal istilah dalam asuransi, beberapa istilahnya menggunakan bahasa Inggris.

Salah satunya, premi asuransi di sini yang berarti sejumlah pembayaran yang ditetapkan sebagai biaya pengalihan risiko dari Pemegang Polis kepada Penyedia Asuransi.    Adapun polis asuransi terbaik yang bisa dipilih salah satunya adalah Garda Oto.

Namun, perlu diketahui dalam setiap pilihan asuransi Garda Oto terbaik akan ada batas jangka waktu klaim, jadi ketika Anda jatuh sakit dan menjalani rawat inap maka batas maksimal jangka waktu klaim adalah 30 hari dari masa perawatan.

Biar tidak salah memilih program asuransi, mari ketahui istilah-istilah dalam asuransi yang penting untuk dipahami, di antaranya:

Polis

Istilah yang satu ini cukup sering didengar bagi calon nasabah yang akan bergabung dengan program asuransi, polis adalah kontrak perjanjian kerja sama antara penanggung atau perusahaan asuransi dengan pemegang polis atau nasabah, semua jenis kontrak asuransi disebut polis asuransi baik itu jenis asuransi kerugian; asuransi jiwa hingga asuransi kesehatan Apa saja yang tercantum dalam polis asuransi? 

Polis asuransi berisi perjanjian atau kesepakatan pihak penyedia akan menanggung risiko dari tertanggung sesuai dengan yang tertulis di polis, jadi pihak tertanggung atau pemegang polis memiliki kewajiban membayar premis sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati, pihak penyedia tentunya akan menanggung risiko berdasarkan jangka waktu yang sesuai menurut kesepakatan, Anda wajib menyimpan polis asuransi dengan baik agar kelak tidak kesulitan menemukannya saat dibutuhkan.

BACA JUGA  Asuransi Kesehatan CAR Life, Jenis-Jenis Terbaiknya

Premi

Istilah yang satu ini juga begitu erat kaitannya dengan dunia asuransi, apakah Anda sudah sering mendengarnya? Premi adalah jumlah bayaran yang sudah disepakati antara pemegang polis dengan pihak penyedia asuransi, berapa besaran premi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis? 

Besaran premi tentunya akan berbeda-beda antara satu nasabah dengan nasabah lain, sebagai pemegang polis Anda berhak memilih jenis program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing, namun ada faktor yang menjadi penentu besaran premi seperti usia tertanggung; jenis kelamin; pekerjaan hingga gaya hidup tertanggung.

Jadi besaran premi asuransi di sini nantinya akan ditentukan pihak perusahaan dan Anda sebagai tertanggung, semakin lengkap program perlindungannya maka semakin tinggi biaya premi yang harus dibayarkan, perusahaan asuransi akan memberikan pilihan pembayaran mulai dari bulanan atau tahunan, dengan membayar premi maka Anda sebagai pemegang polis akan mendapatkan perlindungan asuransi.

Ada juga cara memilih premi asuransi yaitu dengan memahami produk asuransi, baiknya Anda mulai membeli premi asuransi ketika masih berusia muda, daripada bingung memilih produk asuransi coba saja memilih produk asuransi kesehatan yang biasanya ditawarkan dengan biaya terjangkau.

Cash Value

Bagi Anda yang memilih asuransi jiwa unit link biasanya akan sering menemukan istilah cash value, nilai tunai atau cash value adalah besaran uang yang bisa diambil tertanggung polis pada periode tertentu, jadi Anda bisa mendapatkan cash value yang merupakan hasil dana investasi yang selama ini Anda setorkan,  besaran uang tunai yang bisa Anda cairkan mulai dari minimal 3 tahun.

Klaim

Untuk istilah asuransi yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda sebagai nasabah, Anda selaku pemegang polis bisa mengajukan klaim sesuai dengan kesepakatan yang tertera dalam polis ke perusahaan asuransi, seperti contohnya saat Anda jatuh sakit dan harus mendapatkan penanganan di rumah sakit, Anda bisa mengajukan klaim ke perusahaan asuransi di mana perusahaan tersebut akan menanggung biaya perawatan dan biaya lain sesuai polis asuransi.

BACA JUGA  Perjalanan Nyaman dan Aman dengan Asuransi Perjalanan

Cukup penting memilih asuransi sebagai proteksi diri, apabila Anda ingin memberikan perlindungan bagi diri dan keluarga mulailah untuk mendaftar serta memilih program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu mendaftar semua jenis asuransi namun tentukan saja yang benar-benar sesuai kemampuan dan memang bermanfaat, semoga Anda bisa menentukan produk asuransi yang tepat setelah memahami beberapa istilah-istilah asuransi di atas.

Komentar