oleh

Gerak Cepat Demokrat Sulteng Terkait KLB Sumut

PALU – Pengurus DPD dan DPC Partai Demokrat (PD) Sulawesi Tengah bergerak cepat terkait dengan polemik Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Sumarera Utara, beberapa waktu lalu.

Di KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, terdapat 14  kader Partai Demokrat Sulteng yang ikut menjadi peserta.  10 diantaranya adalah pengurus DPD dan 4 lainnya dari pengurus DPC.

Menyikapi hal tersebut pengurus PD Sulteng  bersama  pengurus DPC se Sulteng mendatangi Kantor Kemenkumham Provinsi Sulteng, dan kantor KPUD Provinsi Sulteng pada, Rabu (17/3).

Ketua DPD PD Sulteng,  Drs H Anwar Hafid, MSi mengatakan, kunjungannya di kedua instansi tersebut untuk menyerahkan berkas kelengkapan Partai Demokrat yang legal secara konstitusional berdasarkan hasil kongres sesuai AD/ART Partai Demokrat.

“Kedatangan kami hari ini bersama pengurus DPD dan ketua-ketua DPC, BPC Kabupaten dan Kota  Sulteng untuk menyerahkan dokumen yang sah secara konstitusi dan sesuai aAD/ART hasil kongres Partai Demokrat,” tegasnya. “Jadi kalau ada kelompok yang menyatakan mereka juga sah ketika sudah melaksanakan KLB itu ilegal, tidak sah,” tegasnya.

Terkait kader Partai Demokrat yang ikut dalam KLB di Deli Serang, Anwar Hafid selaku pimpinan PD Sulteng menegaskan ada 14  kader baik yang aktif dan tidak aktif, terdiri dari 10 pengurus DPD, dan 4 kader dari pengurus DPC.

Dari keseluruhan anggota itu, lanjut Anwar, tidak ada yang memiliki suara dan semuanya sudah diperiksa. Mantan Bupati Morowali dua periode itu juga menegaskan, satu orang sudah memiliki SK pemecatan dari DPP.

Sementara itu, Kepala BAPPILU-DA DPD PD Sulteng, Muh. Darwis Kamaruddin ST IAP, menjelaskan sebelum mendatangi kantor Kemenkumham dan KPUD Sulteng, kegiatan DPD Partai Demokrat Sulteng bersama ketua-ketua DPC se Sulteng diawali dengan kegiatan penandatanganan ikrar kesetiaan terhadap Partai Demokrat dan kepengurusan Partai Demokrat dibawa kepemimpinan Ketua Umum, Agua Harimurti Yudhoyono (AHY) hasil kongres Partai Demokrat V yang telah disahkan oleh Kemenkumham RI dan tercatat dalam Lembaran Negara, serta telah tercatat dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU/KPUD.

BACA JUGA  Cerita Gerald Terbuai Janji 100 Juta Namun Hanya Dapat 5 Juta Ikut KLB Demokrat

Usai melakukan kunjungan di kedua instansi  tersebut, lanjut Darwis, Ketua DPD PD Sulteng bersama fungsionaris DPD dan ketua-ketua DPC PD se Sulteng, kembali ke sekretariat untuk melakukan doa dan zikir bersama Majelis Ta’lim dan anak yatim  dalam rangka memperingati Isra Mi’raj dan doa bersama mengenang almarhumah ibu Ani Yudhoyono.

Pada sore hari, atau tepatnya pukul 16.00 wita, acara dilanjutkan dengan Doa Untuk Negeri yang diawali Orasi Kebangsaan oleh Drs H Anwar Hafid, M.Si selaku anggota fraksi Demokrat DPR-RI yang sekaligus selaku Ketua DPD PD Sulteng. Hadir menyampaikan sambutan dalam acara tersebut, Gubernur Sulteng terpilih periode 2021-2026. Setelah sambutan, acara doa bersama ditutup dengan pembacaan doa oleh tokoh-tokoh lintas agama, yang ditujukan bagi keamanan dan tegaknya Keadilan serta demokrasi di Indonesia.

Di bagian akhir, Darwis menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan kemarin adalah dalam rangka tindak lanjut dari penanganan Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat Sulteng atau GPK-PD di Provinsi Sulawesi Tengah. [***]

Komentar

Masih Hangat