oleh

DPRD Tetapkan Rusdy Mastura-Ma’mun Amir sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Sulteng Terpilih

PALU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Tengah (DPRD Sulteng) menetapkan pasangan calon (Paslon) Rusdy Mastura-Ma’mun Amir sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih periode 2021-2025.

Penetapan tersebut dilaksanakan melalui sidang Paripurna masa persidangan ke-II tahun 2021, yang dipimpin Ketua DPRD Sulteng Hj. Nilam Sari Lawira SP. MP di ruang sidang utama DPRD Sulteng, Senin 1 Februari 2021.

Turut hadir pada sidang paripurna Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si didampingi Wakil Gubernur Dr. H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH serta unsur Forkopimda lingkup pemerintah daerah Provinsi Sulteng.

Sidang Paripurna juga dihadiri gubernur dan wakil gubernur terpilih, H. Rusdy Mastura dan Drs. H. Ma’mun Amir, para anggota DPRD Sulteng, Kepala Dinas/Badan/Biro dan instansi terkait baik secara langsung maupun virtual.

Ketua DPRD Sulteng Hj. Nilam Sari Lawira, menyampaikan sidang paripurna yang dilaksanakan dalam rangka pengumuman penetapan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulteng terpilih dalam Pilkada tahun 2020 yang lalu, sekaligus penandatanganan berita acara penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih.

Baca Juga: Quick Count 80 Persen : Pasangan Rusdy-Ma’mun Pemenang Pilgub Sulteng 2020

“Perkenankan saya mewakili seluruh rakyat Sulawesi Tengah dan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah untuk menyampaikan ucapan selamat kepada saudara Bapak H. Rusdy Mastura dan Bapak Drs. Ma’mun Amir yang mendapat kepercayaan mayoritas rakyat, sehingga terpilih sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah dalam pemilihan kepala daerah tanggal 9 Desember 2020 yang lalu,” ucap Ketua DPRD.

Lebih lanjut dikatakannya, sesuai dengan perkembangan mekanisme penyelenggaraan pergantian pemimpinan di daerah, khususnya menyangkut pengesahan pengangkatan dan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur maka sesuai surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tertanggal 21 Januari 2020 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak tahun 2020, maka DPRD Sulteng mengumumkan penetapan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur terpilih dan penandatanganan berita acara pelaksanaan rapat paripurna DPRD provinsi Sulawesi Tengah.

BACA JUGA  Rusdy Mastura Dilaporkan ke Bawaslu, Ada Apa?

Menurut Ketua DPRD Sulteng, pelaksanaan Pilkada pada tahun tahun 2020 berlangsung dengan aman dan tanpa sengketa.

Hal tersebut tidak terlepas dari partisipasi seluruh rakyat yang didukung oleh semua jajaran aparat keamanan dan instansi terkait khususnya KPU dan Bawaslu serta semua pihak terkait lainnya sehingga semua tahapan pemilu telah dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

Ketua DPRD berharap, gubernur dan wakil gubernur terpilih dapat membawa seluruh rakyat yang lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera.

“Lembaga DPRD sangat berharap agar kepercayaan yang diberikan oleh rakyat hendaknya jangan disia-siakan. Gubernur dan wakil gubernur terpilih kiranya menjadi sumber kekuatan dan motivasi di dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah provinsi Sulawesi Tengah yang masih tertinggal dibandingkan dengan daerah-daerah lain,” harapnya.

Selanjutnya, penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih akan diajukan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri yang selanjutnya akan dijadwalkan untuk pelantikan sebagi Gubernur dan Wakil Gubernur masa bakti 2021-2025.

Usai penetapan, Gubernur terpilih H. Rusdy Mastura menyatakan akan memgembangkan beberapa potensi yang ada di Sulawesi Tengah untuk menaikkan sumber PAD.

“Terutama dalam sektor pertambangan, perikanan dan kelautan, melalui budidaya udang vaname serta beberapa sektor komoditi lainnya,” ucapnya.

Komentar

Masih Hangat