oleh

DPRD Sulteng Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas, Tugas dan Wewenang

JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertemakan “Peningkatan Kapasitas, Tugas dan Wewenang DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Anggaran 2022″.

Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan di grand hotel rajawali kemayoran dimulai 17 hingga 20 Mei 2022 yang dihadiri oleh sekitar 40 anggota DPRD.

Bimtek kali ini bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Respati Indonesia (URINDO)

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD Ibu Hj. Zalzulmida A. Djanggola, SH.,CN dan dihadiri oleh Rektor Unrindo Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo, drg, MS dan Direktur Perencanaan Anggaran Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Bahri, S.STP., M.Si

Kegiatan bimtek ini Mempedomani Permendagri No. 133 Tahun 2017 Jo Permendagri No. 14 Tahun 2018 Tentang Orientasi dan Pendalaman tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota serta Surat Izin Sebagai Penyelenggara Pendalam Tugas No. 170/1113/BPSDM tanggal 12 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu, Hj. Zalzulmida A. Djanggola, SH.,CN menyampaikan atas nama lembaga DPRD Sulteng memgucapkan rasa syukur atas terselenggarannya Bimtek tersebut.

Bimtek itu kata dia, merupakan satu metode pembelajaran dalam rangka meningkatkan Profesionalisme dan Kompetensi Pimpinan dan Anggota.

“Bimtek ini juga bertujuan untuk mengahasilkan Kebijakan yang mendukung program pemerintah daerah sesuai dengan perautran perundangan-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Ia juga sampaikan, sesuai teman pelaksanaan bimtek kali ini, yaitu peningkatan kapasitas,tugas dan wewenang DPRD wajib menjadi pedoman/dasar dalam penentuan kebijakan lembaga DPRD agar bersinkrinisasi dengan kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Olehnya melalui pelaksanaan Bimtek Ini kita akan saling berbagi dan mendapt arahan dalam implementasi kesehariankita sebagai legislatif dalam rangka memperjuangkan aspirasi masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA  Sekwan DPRD Sulteng Raih Peringkat Pertama Plakat Monev Keterbukaan Informasi Publik 2021

Senada dengan itu, Rektor Unrindo Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo, drg, MS menyampaikan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurut dia  tema ini sangat strategis, dan mendasar dalam rangka optimalisasi anggaran dan pengawasan sebagaimana tugas dan fungsi DPRD Itu sendiri

Harapan ada suatu hasil yang bisa menjadi rekomendasi untuk melanjutkan pembangunan daerah disulteng yang daerahnya begitu indah
Adapun tema-tema kegiatan dalam bimtek kali ini yakni :

  1. Sinergi Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah di Era Otonomi Daerah antara Pemerintah Provinsi dan DPRD
    Provinsi Sulawesi Tengah.
  2. Optimalisasi Peran DPRD terhadap
    Pengawasan dan Penganggaran
  3. Analisis dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaaan BPK
  4. Penguatan Kerja Sama Antara Provinsi Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur dalam Kerangka Pembangunan IKN Baru.

DPRD Sulteng Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas, Tugas dan Wewenang 1

Komentar