DPRD Sulteng Apresiasi Rencana Pemindahan Konsulat Duta Besar LBBP Ceko dari Makassar ke Palu

Anggota DPRD Provinsi Sulteng, Elisa Bunga Allo menghadiri penyambutan kedatangan kunjungan kerja Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Ceko ke Provinsi Sulteng Mr. Jaroslav Dolecek beserta Ny. Madam Magdalena Doleckova di Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu, Senin (13/11/23).

Kunjungan Kerja Duta Besar LBBP Ceko ini disambut langsung Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura, bersama Wakil Guubernur Sulteng Drs.H.Ma’mun Amir, serta Wakil Ketua TP PKK Hj. Halima Amir, Unsur Forkopimda Sulteng dan Para Pimpinan Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Sulteng, serta Anggota DPRD Sulteng Ir. Elisa Bunga Allo.

Duta Besar LBBP Ceko tiba di Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu pukul 12.11 Wita dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, dengan menggunakan pesawat komersil. Selanjutnya, rombongan menuju ke kantor Gubernur Sulteng untuk melakukan pertemuan bersama Gubernur dan unsur Forkopimda lainnya.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura bersama para Pimpinan Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov Sulteng, menyampaikan dan memaparkan kepada Duta Besar LBBP Ceko terkait situasi dan kondisi daerah Sulteng diantaranya terkait masalah pradaban sejarah di Sulteng, pendidikan, fasilitas kesehatan, pariwisata, budaya, pertambangan, pertanian, dan juga terkait masalah perikanan dan kelautan.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar LBBP Ceko Mr. Jaroslav Dolecek beserta Ny. Madam Magdalena Doleckova menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah Sulteng atas sambutan hangatnya dan juga pemaparan terkait situasi dan kondisi di Sulteng, serta menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kunjungan kerja ke Provinsi Sulteng untuk bersilaturahmi dan sekaligus ingin menjalin hubungan kerja sama antara pemerintah daerah Provinsi Sulteng dengan pemerintah ceko, di dalam berbagai hal seperti bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, budaya, pertambangan, pertanian, dan kemaritiman, serta ingin melakukan peninjauan lokasi rencana pemindahan konsulat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Ceko dari Makassar ke Palu Provinsi Sulteng.

Selain itu, Mr. Jaroslav Dolecek juga menyampaikan akan melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Tadulako (Untad), Rumah Sakit Undata, serta ke Kabupaten Donggala untuk melakukan peninjauan sumber-sumber pariwisata.

Senadah dengan hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulteng Elisa Bunga Allo, yang menghadiri pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Duta Besar LBBP Ceko ke Provinsi Sulteng, serta mengapresiasi atas tawaran kerja sama yang ajukan oleh Duta Besar LBBP Ceko ke Pemerintah Provinsi Sulteng dibidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, budaya, pertambangan, pertanian, dan kemaritiman, serta ingin melakukan peninjauan lokasi rencana pemindahan konsulat Duta Besar LBBP Ceko dari Makassar ke Palu Provinsi Sulteng.

“Ini merupakan sebuah anugrah dan penghargaan yang sangat luar biasa untuk kita semua di Sulteng dari Pemerintah Ceko,” kata Elisa Bunga Allo.

“Harapannya kedepan, semoga dengan kerja sama ini kualitas pendidikan, kesehatan, pariwisata, budaya, pertambangan, pertanian, dan kemaritiman, di wilayah Sulteng semakin baik, meningkat, dan berkembang,” tambahnya.