Dorong Kebijakan Transfer Anggaran Berbasis Ekologi, Yayasan Sikola Mombine Audiensi Ke Pemprov Sulteng

PALU – Dalam rangka melahirkan kebijakan transfer anggaran berbasis ekologi, Yayasan Sikola Mombine bersama Tim Asistensi melakukan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Sulteng, Kamis (21/7/22).

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Sekda Prov Sulteng itu turut dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Sadli Lesnusa.

Tim Asistensi Pengembangan Tranfer Anggarana Provinsi Berbasis Ekologi (TAPE), Moh Ahlis, mengatakan pertemuan ini dalam rangka untuk mendorong lahirnya kebijakan melalui Pergub terkait Transfer Anggaran Provinsi Berbasis Ekologi (TAPE) sebagai solusi untuk menjaga hutan dan lingkungan di Sulawesi Tengah.

Kata Ahlis, untuk menjalankan skema transfer anggaran berbasis ekologi ini, maka sangat diperlukan adanya komitmen mulai dari pemerintahan provinsi sampai ke kabupaten.

“Kalau pemerintah menerapkan skema transfer anggaran berbasis ekologi, hutan dan lingkungan dipastikan lebih terjaga sehingga terhindar dari kerusakan,” ujar Ahlis dalam pertemuan tersebut.

Sementara itu, Direktur Program dan Kemitraan, Yayasan Sikola Mombine Silvi mengatakan, kurang lebih 3 tahun Yayasan Sikola Mombine telah bekerjasma dengan The Asia Foundation, yang mana The Asia Foundation yang memang fokus mendorong kebijakan hijau di seluruh Indonesia.

Menurut Silvi sejak tahun 2021 Yayasan Sikola Mombine telah mendampingi 3 Kabupaten / Kota di Sulteng untuk mendorong skema Transfer Anggaran Berbasis Ekologi (TAPE), Diantaranya Kabupaten Tolitoli, Kabupaten Sigi, dan Kota Palu.

Silvi berharap Sulteng merupakan salah satu provinsi yang mengaplikasikan konsep ini (TAPE) sebagaimana beberapa Provinsi di Indonesia telah mengaplisikan konsep ini, diantaranya Kalimantan Utara (Kaltara) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), karena program TAPE inipun selaras dengan Misi ke 6 Pemerintah Provinsi Sulteng yaitu “Menjaga harmonisasi manusia dan alam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Probisi Sulawesi Tengah, Sadli Lesnusa mengapresiasi Yayasan Sikola Mombine terkait Program pengembangan TAPE yang mana DLH sebagai lining sektor, semoga DLH dan Yayasan Sikola Mombine menjadi Tim work yang baik dalam rencana program ini kedepan.

Pada kesempatan itu Plt Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Rudi Dewanto menyambut baik atas rencana dan langkah YSM yang bersinergi bersama Dinas Lingkungan Hidup terkait program Pengembangan Tranfer Anggaran Provinsi berbasis Ekologi (TAPE) namun Sekprov menyarankan, kiranya Instansi terkait taupun Yayasan Sikola Mombine menyampaikan usulan-usulan konkrit melalui Surat resmi yang di ajukan kepada Gubernur Cq Sekda selaku TAPD sehingga usualan usulan tersebut nantinya bisa menjadi acuan Pemerintah Provinsi dalam mengambil langkah terkait pelaksanaan Program Pengembangan TAPE.

Dorong Kebijakan Transfer Anggaran Berbasis Ekologi, Yayasan Sikola Mombine Audiensi Ke Pemprov Sulteng 1

Komentar