oleh

Usulan Raperda Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Bumdes Disetujui

Bagikan Artikel Ini

SIGI – DPRD Sigi gelar rapat paripurna Usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Sigi tentang pedoman tata cara pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Rapat yang berlangsung di ruang Paripurna, Kamis (7/2) ini di pimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Sigi Jamaluddin L Nusu, didampingi Wakil Ketua I Moh Umar, dihadiri anggota DPRD Sigi lainnya.

Dalam rapat paripurna internal itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Sigi Drs.Hi.Budi Luhur Larengi jelaskan bahwa pengembangan Bumdes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendaya gunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa

“Sehingga menjadi tulang punggung perekonomian pemerintah desa dalam rangka meningkatkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakat desa,” jelas Budi Luhur.

Budi Luhur menyebutkan antara lain tujuannya adalah meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam rangka potensi ekonomi desa.

Selanjutnya, pengembangan rencana kerja sama usaha antara desa dan atau pembagian pihak ketiga, menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum masyarakat desa serta membuka lapangan kerja.

Lanjut, meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa dan peningkatan peningkatan pendapatan masyarakat desa dan pendapatan asli desa.

Menanggapi penjelasan Ketua Bapemperda, Tujuh fraksi DPRD Sigi menyetujui untuk ditetapkan secara resmi menjadi Ranperda Prakarsa DPRD Sigi yang selanjutnya akan dibahas bersama bupati Sigi.

Adapun 7 fraksi DPRD Sigi yang dimaksud adalah, Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Hanura, Fraksi Gerindara, Fraksi Nasdem, Fraksi Masagena dan Fraksi Sigi Beradat. (Ardi)

loading...

Bagikan Artikel Ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Berita Terbaru