oleh

Tiga Anak yang Dikabarkan Hilang Ditemukan di Pantai Talise Palu

Bagikan Artikel Ini

PALU – Warga Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dibuat geger dengan kabar tiga bocah usia Sekolah Dasar (SD) menghilang selama sekira 16 jam, sejak Selasa (11/2/2020) malam, sekira Pukul 19.30 Wita.

Ketiga bocah tersebut adalah Moh Akbar (12), Nando (7) dan Fadil (9). Ketiganya yang berdomisili di Jalan Jati Kelurahan Nunu, Kecamatan Palu Barat ditemukan warga di sekitaran pantai Talise, Jalan Komodo, Kecamatan Palu Timur, pada Rabu (12/2/2020) sekira Pukul 12.15 Wita.

Menurut orang tua Akbar, Dedi Efendi, dari pengakuan anaknya mereka bertiga berjalan keluar dari komplek kediamannya itu, atas kemauan bertiga, tanpa ada orang yang mengajak ataupun memaksanya.

“Sekira jam 19.30 Wita usai shalat Isya, Akbar sedang bermain Handphone dengan saya, didatangi Fadil dan Nando untuk diajak bermain di dekat rumah bibinya. Memang sudah biasa mereka main bertiga di situ,” tutur Dedi saat ditemui di rumahnya, usai anaknya ditemukan.

Sekira pukul 22.00 Wita, orang tua Nando mendatangi rumah Akbar dan menanyakan keberadaan Akbar. Ia juga kaget dan baru menyadari, anaknya belum pulang sejak didatangi kedua temannya tersebut.

“Saya juga kaget karena waktu itu sedang ada tamu,” katanya.

Sementara menurut pengakuan Akbar kepada Dedi, saat mereka asyik bermain, Nando sempat dipanggil ibunya dari jauh. Karena belum mau pulang, mereka sembunyi di rumah kosong di samping rumah bibinya, yang menjadi tempat mereka bermain.

Salah satu anak yakni Fadil tak berani pulang untuk pulang ke rumah dan takut dimarahi, karena hari sudah larut malam.

Masih menurut Akbar, Fadil kemudian mengajak ke rumah temannya di Jalan Asam dan mengaku tahu jalan dan rumah temannya tersebut.

BACA JUGA  Kesalahan Orangtua Saat Terapkan Kebiasaan Makan pada Anak

Akhirnya mereka pun berjalan kaki menuju Jalan Asam. Setibanya di rumah temannya, ternyata pintunya sudah tertutup. Akhirnya mereka pun balik kanan dan kembali berjalan kaki hingga sampai di sekitaran Pasar Manonda, Kecamatan Palu Barat.

Tepat di persimpangan depan Pasar Manonda, mereka dipanggil penjual martabak. Kemudian diberi minum dan makan martabak.

Oleh penjual martabak tersebut, ketiganya diajak ke rumahnya dan tidur di rumah penjual martabak, sembari disuruh pulang keesokan hari saja karena sudah larut malam.

“Diberi martabak, air minum dan dipasangkan kasur serta kipas angin saat tidur,” kata Akbar.

Pagi harinya, saat akan diantar pulang oleh penjual martabak, ketiganya tidak mau dan mengaku mengetahui jalan pulang.

Kemudian sebelum pulang, oleh penjual martabak tersebut diberi uang untuk beli sarapan nasi kuning sebanyak Rp20 ribu. Ketiganya kemudian berjalan sampai melewati Masjid Agung Darusalam Palu, hingga akhirnya tiba di sekitaran pantai Talise, tepatnya di seputaran Jalan Komodo.

Sebelumnya, salah satu orang tua sudah melaporkan menghilangnya ketiga bocah tersebut ke Kantor Polisi terdekat.

Sedangkan keluarga dan tetangga menyebarkan informasi hilangnya ke tiga bocah ini di media sosial Facebook, WhatsApp dan instagram.

Kemudian berkat postingan di salah satu group Facebook, salah seorang warga yang melihat ketiga bocah tersebut sedang bermain di sekitar pantai Talise, membalas postingan tentang informasi tiga bocah yang menghilang sejak Selasa malam itu, dengan foto dan video.

Hingga akhirnya ketiganya dijemput keluarga untuk dibawa pulang. Saat ini, ketiga bocah tersebut sudah bersama orang tuanya masing-masing dan dalam keadaan selamat.

Menanggapi kejadian ini, Kapolres Palu, AKBP H. Moch Sholeh mengimbau kepada masyarakat khususnya orang tua, agar tidak membiarkan anak-anak bermain terlalu jauh dari rumah.

BACA JUGA  Kesalahan Orangtua Saat Terapkan Kebiasaan Makan pada Anak

Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan sebaiknya mengontrol anak-anak saat bermain di luar rumah dan jagan biarkan anak-anak bermain terlalu jauh, apalagi di malam hari,” imbaunya. [jurnalnews.id]

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 7.2K
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar