oleh

Telusuri Kasus Sabu 1 Kg, Rutan Palu Lakukan Penggeledahan

Bagikan Artikel Ini

PALUDirektorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulteng, menyita sabu seberat 1 kg dari seorang penumpang di Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu. Polisi mendapat keterangan bahwa sabu tersebut, merupakan pesanan seorang narapidana yang kini dalam tahanan Rutan Kelas II A Palu.

Merespons informasi tersebut, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Klas II A Palu Yansen langsung memimpin penggeledahan terhadap sekitar 500-an warga binaan di Rutan Klas II A Palu di Jalan Bali, Kelurahan Lolu, Kota Palu, Rabu (12/2). Penggeledahan dilakukan sebagai respons adanya isu peredaran narkoba dikendalikan dari dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Palu. Penggeledahan berlangsung sekitar 3 jam dimulai pukul 22.00 WITA, hasilnya sejumlah alat komunikasi dan senjata tajam disita.

“Razia ini merupakan agenda rutin dari sipir untuk warga binaan, biasa dilakukan pada siang hari dan malam hari. Namun, dengan tertangkapnya penumpang yang ke Palu membawa narkoba jenis sabu sebanyak 1 Kg melalui jalur udara, yang bersangkutan memberikan keterangan bahwa ada salah satu napi menjalani masa hukuman di Rutan terlibat, sehingga langsung dilakukan operasi dan penggeledahan sangat ketat,” ungkap Kepala Rutan Kelas II A Palu, Yansen pada Kamis (13/2) dini hari.

Ia mengatakan, dalam operasi tersebut, ada sekitar 10 unit ponsel ditemukan disembunyikan di sejumlah titik, seperti dalam toilet, selokan dan kamar mandi.

Namun, kata dia, untuk kepemilikan ponsel sudah dicatat dan akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan BAP unit Pengamanan Rutan.

“Penjagaan untuk tamu berkunjung sudah sangat ketat, bahkan berlapis hingga melewati 2 pintu, tapi tetap ada lagi barang bukti diamankan. Selain handphone, kabel- kabel pisau kita amankan. Dan itu semua dilarang untuk berada dalan Rutan,” sebutnya.

BACA JUGA  Polres Parimo Tangkap Pengedar Sabu di Siniu

Sementara itu, kata dia, untuk bisa mengungkap sindikat narkoba, khususnya kepemilikan dari penumpang pesawat tersebut, pihak Rutan terus melakukan koordinasi lebih lanjut. [***]

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 861
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar