oleh

Sempat Buron, Dua DPO Pencurian Alat Pendeteksi Gempa Sesar Palu Koro Ditangkap

Bagikan Artikel Ini

PALU – Aparat kepolisian berhasil mengamankan dua pelajar yang menjadi pelaku  pencurian alat pendeteksi gempa sesar Palu Koro milik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Palu yang terpasang di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, pada Juni 2019.

Dua pelaku yang masih berstatus pelajar itu, masing-masing S (16) dan A (16).

S sendiri berstatus pelajar di salah satu sekolah di Kota Bogor yang diserahkan langsung oleh orang tuanya ke pihak Polres Sigi. Sementara A pelajar asal Kota Palu.

Mereka merupakan rekan AP (14), juga masih berstatus pelajar yang sebelumnya telah ditangkap polisi bersama salah seorang penadah beberapa waktu lalu.

Berdasarkan penyelidikan, ketiga pelajar merupakan pelaku utama.

“Alhamdulillah ketiga pelaku utama sudah terkumpul semua di sel tahanan. Selain itu, dua penadah lainnya ikut tangkap, yaitu Sadar yakni warga Desa Lolu dan Mansir warga Kota Palu,” ujar Kapolres Sigi, AKBP Wawan Sumantri, Senin (05/08).

Menurut Wawan, sejumlah barang bukti juga sudah diamankan dari penadah.

Loading...

Namun, sejauh ini masih ada barang bukti lagi yang belum ditemukan karena sudah terjual kepada orang lain.

“Akan tetapi, tugas kami belum selesai sebab saat ini kita sedang dalam melakukan pengembangan serta penyelidikan kembali terkait barang bukti lain yang sudah laku terjual. Karena dari laporan yang kami peroleh dari BMKG, perangkat tersebut dibeli dari Kanada dan tidak ada di Indonesia,” katanya.

Diketahui, ketiga pelaku utama tersebut mengambil alat pendeteksi gempa tersebut dengan membongkar pintu besi shelter dan mengambil satu unit sensor broadband merek Nanometics warna hijau silver, tiga buah baterai merek HAZE warna abu-abu, tiga buah solar panel merek BP SOLAR BP 38OJ, dan satu unit solar regulator warna silver. Barang bukti yang dimaksud bernilai Rp700 juta.

Polisi berhasil mengungkap kasus tersebut atas petunjuk postingan di facebook (FB) melalui grup Info Kota Palu (IKP) untuk dijual dengan harga yang sangat murah. (FLD)

Loading...
loading...

Bagikan Artikel Ini
  • 142
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar